Monday, 27 Jun 2022

10 Manfaat Buah Beri Untuk Kesehatan

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Terdapat berbagai kategori makanan yang menyehatkan, salah satunya adalah buah beri atau berry. Rata-rata buah beri berukuran kecil dan memiliki tekstur sedikit kenyal. Manfaat buah beri untuk kesehatan, juga enggak bisa dianggap sepele.

Untuk menu terbaik harian, Anda bisa memilih jenis buah beri yang masih segar. Sedangkan daftar manfaatnya bagi kesehatan, berikut di bawah ini.


Read More : Menurut Studi, Aroma Vanilla Membantu Menenangkan dan Mengurangi Kecemasan

1. Membantu melawan radikal bebas

Makanan yang mengandung antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu peradangan atau infeksi. Nah, buah berry mengandung anthocyanin, asam ellagic, dan resveratrol yang merupakan antioksidan.

Jenis buah berry yang mengandung ketiga antioksidan hebat tersebut antara lain blueberry, blackberry, dan raspberry. Disamping buah tersebut, diluar buah beri, ada buah delima yang sama-sama mengandung antioksidan tinggi.

2. Meningkatkan sensitivitas insulin

Bagi penderita gula darah tinggi, dilansir Healthline, Jumat, 3 Desember, buah beri bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi melonjaknya gula darah karena makanan tinggi karbohidrat.

Khasiat buah beri yang mengefektifkan kerja insulin tidak hanya dialami oleh orang dengan resistensi insulin tetapi juga pada orang sehat.

3. Mengandung serat tinggi

Buah beri ialah sumber serat yang tinggi yang membantu memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Efek baiknya, tidak mudah lapar sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori. Nah, bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, buah stroberi atau jenis buah beri lainnya bisa dimasukkan dalam daftar menu Anda.

4. Tinggi vitamin C

Ketika mengonsumsi 150 gram buah stroberi, Anda bisa memenuhi 35 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain vitamin C, buah beri juga mengandung vitamin K1, folat, mangan, dan tembaga. Baiknya lagi, buah beri juga memiliki kandungan kalori paling rendah.

5. Membantu melawan inflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah pertahanan tubuh terhadap infeksi atau cedera. Peradangan sering menyebabkan aktivitas terganggu, terutama jika Anda tidak mempertimbangkan pola hidup sehat. Jenis peradangan kronis berkaitan dengan kondisi penyakit diabetes, jantung, dan obesitas.

Sebuah studi membuktikan bahwa buah beri bersifat anti-inflamasi. Penelitian lain juga membuktikan bahwa buah beri, khususnya stroberi, dapat membantu menurunkan berat badan.



Read More : Suka dengan Makanan dan Minuman Manis? Ini 5 Tanda Anda Kecanduan Gula

6. Menurunkan kolesterol

Sejumlah penelitian membuktikan khasiat raspberry hitam dan stroberi bisa membantu menurunkan kolesterol pada orang yang mengalami obesitas dan memiliki sindrom metabolik. Selama 8 minggu studi dilakukan, minum jus stroberi setiap hari bisa mengalami penurunan 11 persen kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Membantu mengurangi kerutan pada kulit

Kerutan sebagai penanda usia memang tak bisa dilawan, tetapi bisa diminimalisir supaya kulit tetap segar. Buah beri bisa membantu mengurangi kerutan kulit, karena mengandung antioksidan yang menghalangi produksi kolagen. Buah beri membantu menjaga kulit tetap lembap dan kencang.

8. Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat, umumnya tetap bisa mengonsumsi buah beri dalam jumlah sedang. Sedangkan untuk diet Mediterania, diet paleo, vegetarian, dan vegan dapat mengonsumsi buah beri dalam jumlah besar. Buah beri yang mengandung rendah kalori, bisa dimasukkan dalam makanan inti, camilan, atau makanan penutup.

9. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan dalam buah beri diteliti dapat melindungi dari kanker kerongkongan, mulut, payudara, dan usus besar. Meskipun masih diperlukan uji penelitian, tetapi pada beberapa peserta dari total 20 orang dengan kanker usus besar yang mengonsumsi raspberry beku atau kering selama 1-9 minggu dapat menjinakkan kanker.

10 Meningkatkan fungsi arteri

Arteri pada jantung tidak bekerja efektif karena tekanan darah tidak terkontrol, mengalami penumpukan plak, dan pembekuan. Untuk mengurangi risiko buruk dari menurunnya fungsi arteri, terdapat sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah.

Supaya tidak mengalami inflamasi dan merusak sel endotel, dibuktikan dalam studi bahwa buah beri bisa menghambat kerusakan sel pelindung pembuluh darah. Studi dilakukan pada orang sehat, obesitas, dan orang yang merokok. Hasilnya, bagi orang yang mengalami sindrom metabolik mengalami peningkatan fungsi endotel setelah mengonsumsi blueberry setiap hari.

Disamping jenis buah beri yang disebutkan di atas, ada jenis lain yang mungkin jarang diketahui. Jenisnya antara lain cranberry, boysenberry, lingonberry, gojiberry, blackcurrant, dan gooseberry.





Loading...