Wednesday, 18 May 2022

Pemerintah Perkuat UMKM Untuk Hadapi Dominasi Produk Luar Negeri

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dalam acara Kamis menyoroti kelemahan produksi usaha mikro, menengah, dan kecil (UMKM) yang masih kalah dengan dominasi produk impor di platform eCommerce. 

Hal itu disampaikannya dalam 'Tempo BNI forum bilateral' di The Langham, Jakarta pada 12 Mei lalu, “Kami bermaksud mendorong sektor produktif karena 63,3 persen masih berada di sektor perdagangan.”


Read More : Mendag Belum Cabut Larangan Ekspor CPO

Menteri Teten menegaskan, pemerintah saat ini fokus pada penguatan produksi UMKM dengan fokus pada sektor produksi yaitu sektor pangan, pertanian, perikanan, dan peternakan.

Pemerintah juga saat ini sedang mengembangkan model bisnis untuk korporatisasi petani, yaitu mengkonsolidasikan petani individu, petani kecil, dan nelayan untuk bergabung dengan koperasi yang dimaksudkan untuk memasukkannya ke dalam skala ekonomi.



Read More : Petani Sawit Protes Larangan CPO Selama Periode Bulan Madu

Teten juga mengatakan bahwa 97 persen lapangan kerja disediakan oleh sektor mikro. Untuk menyediakan lapangan kerja yang berkualitas, UMKM harus diperkuat.

“Yang kecil tidak bisa kita biarkan sendiri, tapi harus dikonsolidasikan agar bisa masuk ke dalam skala ekonomi,” ujarnya, “Kita harus menyiapkan seluruh ekosistem agar bisa tumbuh dan berkembang sehingga kami dapat menyediakan pekerjaan yang berkualitas.” 





Loading...