Thursday, 02 Feb 2023

Studi : Minum Kopi dan Teh Mampu Menurunkan Risiko Stroke dan Demensia

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi atau teh atau kombinasi keduanya dapat menurunkan risiko stroke dan demensia.

Para peneliti dari Universitas Kedokteran Tianjin China mempelajari 365.682 peserta dari Biobank Inggris, berusia 50 hingga 74 tahun. Semua peserta melaporkan kebiasaan asupan kopi dan teh mereka. Selama rata-rata tindak lanjut 11,4 tahun untuk penyakit onset baru, 5.079 peserta mengembangkan demensia, dan 10.053 memiliki setidaknya satu stroke.


Read More : Konsumsi Nanas Muda dan Loncat-loncat setelah Berhubungan Tidak Terjadi Kehamilan, Mitos atau Fakta?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam PLOS Medicine, orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi atau tiga hingga lima cangkir teh setiap hari, atau kombinasi dari empat hingga enam cangkir kopi dan teh, memiliki insiden stroke atau demensia terendah.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi atau teh, orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi dan dua hingga tiga cangkir teh setiap hari memiliki risiko stroke 32 persen lebih rendah dan risiko demensia 28 persen lebih rendah.



Read More : 6 Jenis Minuman yang Baik Dikonsumsi Selepas Berolahraga

Sementara itu, risiko demensia pasca stroke yang lebih rendah dikaitkan dengan minum kopi saja atau dalam kombinasi dengan teh, menurut penelitian tersebut.

Para peneliti juga mengevaluasi hubungan jenis kopi dengan stroke dan demensia. Di antara kopi bubuk, kopi instan, dan kopi tanpa kafein, mereka menemukan bahwa peminum kopi bubuk dikaitkan dengan risiko demensia, penyakit Alzheimer, dan demensia vaskular yang jauh lebih rendah .

Kopi adalah sumber yang kaya antioksidan dan senyawa bioaktif sementara teh mengandung kafein dan katekin yang memiliki sifat neuroprotektif, seperti stres anti-oksidatif dan efek anti-inflamasi.





Loading...