Wednesday, 18 May 2022

Sri Mulyani Luncurkan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Negara SAKTI

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meluncurkan aplikasi baru pengelolaan keuangan negara yang diberi nama SAKTI. Aplikasi tersebut secara resmi mengintegrasikan berbagai sistem aplikasi yang digunakan dalam pengelolaan keuangan negara selama ini.

“Inisiatif untuk perubahan selalu dimulai dengan uji coba dan kemudian berkembang ke seluruh Indonesia,” kata Sri saat acara launching aplikasi sebagai bagian dari acara peringatan Ditjen Perbendaharaan ke-18 oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). pernyataan tertulis.


Read More : Mendag Belum Cabut Larangan Ekspor CPO

Sri bersyukur, berbagai perubahan sistem yang dilakukan hingga saat ini tidak menimbulkan gejolak. “Ini sebuah pencapaian karena tidak mudah mengubah sistem menjadi lebih baik tanpa gejolak dan gangguan, terutama dalam hal pelayanan,” tambahnya.

SAKTI merupakan tindak lanjut dari penerapan Integrated Financial Management Integration System (IFMIS). Aplikasi tersebut melengkapi modernisasi pengelolaan keuangan di sisi Bendahara Umum Negara (BUN) melalui Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang secara resmi diluncurkan oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada 29 April 2015.



Read More : Petani Sawit Protes Larangan CPO Selama Periode Bulan Madu



Kementerian Keuangan melaporkan bahwa SAKTI dikembangkan secara bertahap. Implementasi full module-nya telah digulirkan pada akhir tahun 2021 untuk transaksi APBN 2022 .

Melalui SAKTI, berbagai fungsi pengelolaan keuangan negara dilaksanakan dalam satu sistem, mulai dari penyusunan hingga pertanggungjawaban di tingkat satuan kerja hingga tingkat lembaga atau kementerian.





Loading...