Wednesday, 18 May 2022

Sandal Upanat; Alas Kaki Khusus untuk Mengunjungi Candi Borobudur

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Wisatawan akan diwajibkan memakai sandal khusus yang dijuluki upanat saat berkunjung ke Candi Borobudur . Penggunaan sandal khusus dimaksudkan untuk melestarikan struktur candi Budha terbesar di dunia itu.

Pemerintah telah meluncurkan uji coba penggunaan upanat. Deputi Sekretaris Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rustam Efendi mengatakan sandal yang didesain khusus diperlukan untuk mencegah kerusakan pada batu candi.


Read More : 5 Pose Wulan Guritno Olahraga: Tetap Fit di Umur 41 Tahun

“Kalau tidak ada tindakan preventif, dikhawatirkan warisan dunia yang kita banggakan ini akan rusak,” kata Rustam, Rabu, 26 Januari.

Menurutnya, sandal upanat ringan dan nyaman dipakai meski terbuat dari anyaman daun pandan.



Read More : Pecahkan Celengan Uang Receh di Galon Selama 2 Tahun, Pria Ini Berhasil Mengumpulkan Rp 11 Juta



Rustam juga menjelaskan bahwa sandal yang diproduksi oleh masyarakat sekitar membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat. “Sandal ini tidak didatangkan dari daerah lain, tetapi dibuat oleh masyarakat lokal dengan bahan baku lokal,” ujarnya.

Dengan berbagai dampak tersebut, Rustam berharap masyarakat yang tinggal di sekitar Candi Borobudur dapat merasakan manfaat dari lokasi wisata tersebut.





Loading...