Wednesday, 18 May 2022

4 Tips Ahli Mencegah Obesitas

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Obesitas atau kelebihan berat badan dianggap sebagai pemicu penyakit kritis seperti kardiovaskular dan diabetes. Di antara tanda-tanda obesitas adalah indeks massa tubuh sama dengan/atau di atas 30 tahun. Untuk mencegahnya, Guru Besar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Ekologi Manusia IPB University, Profesor Hardinsyah menyarankan beberapa tips mudah untuk diikuti:

1. Pahami Penyebabnya

Tips utamanya adalah memahami penyebabnya. Menurutnya, penyebab utama kegemukan bukan hanya karena kurang olahraga dan makan tetapi juga stres. Ketika seseorang merasa stres, hal itu dapat memicu peradangan dan penumpukan lemak sehingga mengakibatkan kurang atau berlebihan tidur dan meningkatkan hormon ghrelin atau lebih dikenal sebagai hormon lapar. Selain itu, yang paling penting adalah dengan mencegah pengerdilan kehamilan karena akan mencegah kelebihan berat badan. “Anak-anak yang lahir dengan stunting dapat dengan mudah menambah berat badan, sehingga lebih berisiko untuk menjadi gemuk dibandingkan dengan yang normal,” kata profesor.

2. Kelola Faktor Utama

Profesor mengatakan dalam mengelola obesitas, mulailah dengan faktor utama, dan konsultasikan dengan ahlinya jika tidak ada ide. Ia menganjurkan untuk mengatur jadwal tidur, minum air putih dua gelas sebelum makan, berolahraga seperti kardio atau angkat beban, menghindari polusi hingga puasa.

3. Pantau Berat Badan dan Ukuran Pinggang Anda

Bagi seseorang yang berolahraga setiap hari, jangan hanya fokus pada berat badan, bisa jadi massa tubuh sudah melebihi 25 karena pertumbuhan otot. Yang perlu diwaspadai adalah ukuran pinggang, karena lemak paling berbahaya terletak di sana, bukan di lengan atau kaki.



Read More : Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

4. Latihan Kelompok

Kurang olahraga meningkatkan risiko obesitas dan berolahraga sendirian terkadang membuat seseorang merasa malas. Oleh karena itu, Profesor Hardinsyah merekomendasikan untuk mencari teman berolahraga atau bergabung dengan komunitas untuk menyelesaikan masalah tersebut.





Loading...
Related News