Saturday, 20 Aug 2022

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Rp 1,44 Triliun Di NTT

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Bendungan Bintang Bano yang terletak di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembangunan bendungan ini menelan biaya total Rp 1,44 triliun. Menurut Jokowi,  peresmian tersebut menandai selesainya proyek bendungan ke-29 sejak 2015.

“Insya Allah hingga akhir tahun 2024 akan ada total 57 bendungan yang selesai dibangun di seluruh tanah air,” kata Presiden dalam pidato penerimaannya saat acara peresmian pada Jumat, 14 Januari 2022. 


Read More : 2.000 Narapidana di Lapas Jakarta Terima Remisi Kemerdekaan

Jokowi mengatakan bendungan dibangun untuk mendukung dan memungkinkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan, yang menurutnya hanya dapat dicapai jika setiap provinsi di Indonesia memiliki sumber air. 

“Kuncinya ada di sumber air, dan itu baru akan terwujud jika kita punya bendungan yang melimpah,” ujarnya. 



Read More : Bank Indonesia Luncurkan 7 Uang Kertas Rupiah Baru

Pembangunan bendungan Bintang Bano dimulai pada 2015 dengan biaya Rp 1,44 triliun. Bendungan tersebut merupakan salah satu dari enam bendungan yang dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dua bendungan telah dibangun dan diresmikan pada tahun 2018, yaitu Bendungan Tanju dan Bendungan Mila di Dompu.

Bendungan Bintang Bano memiliki kapasitas 76 juta meter kubik, dengan luas genangan 256 hektar, dan dapat mengairi 6.700 hektar sawah.





Loading...
Related News