Saturday, 20 Aug 2022

Lewokluok Flores Timur Jadi Desa Adat Terpopuler Tahun 2021

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Desa Adat Lewokluok di Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih peringkat teratas kategori desa adat terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Tourism Award 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Petrus Pemeng Liku, mengatakan pemerintah daerah dan masyarakat setempat sangat senang dengan penghargaan tersebut. “Desa Adat Lewokluok meraih juara pertama API Award 2021 dengan perolehan suara 63,15 persen,” katanya dalam keterangannya, Kamis, 2 Desember 2021.\


Read More : 2.000 Narapidana di Lapas Jakarta Terima Remisi Kemerdekaan

Petrus berharap dengan adanya penghargaan tersebut, Kampung Adat Lewokluok semakin populer sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan domestik maupun internasional.

Terletak di Distrik Demon Pagong, desa ini menawarkan wisata budaya yang kaya bagi pengunjung. Salah satunya adalah Koke Bale, sebuah rumah panggung adat yang sering digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan berbagai ritual adat dan untuk mempersatukan masyarakat adat.

Desa adat ini juga memiliki tarian khas Lian Namang yang biasa dibawakan dalam ritual adat tertentu.



Read More : Bank Indonesia Luncurkan 7 Uang Kertas Rupiah Baru

Selain itu, Desa Lewokluok memiliki sejumlah mata air, hutan adat, kolam buatan, dan pantai dengan pemandangan matahari terbenam yang indah. Desa ini juga memiliki sanggar tenun ikat dengan motif lokal yang diturunkan dari generasi ke generasi, serta makanan khas yang berasal dari makanan lokal.

Petrus mengatakan, pencapaian ini juga menjadi motivasi bagi   pemerintah Flores Timur untuk mempersiapkan pembangunan desa adat Lewokluok ke depan. “Kita harus memikirkan bagaimana menjaga dan menata desa adat ini ke depan, melestarikan aset budaya dan lain-lain agar dapat menarik wisatawan,” pungkasnya.





Loading...
Related News