Saturday, 29 Jan 2022

7 Jenis Tanaman Begonia yang Perawatannya Mudah

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Begonia merupakan jenis tanaman hias yang tergolong mudah perawatannya. Tanaman hias ini masuk dalam genus keluarga tanaman berbunga, Begoniaceae, yang namanya diambil dari mantan gubernur koloni Prancis Haiti, Michael Begon.

Terdapat lebih dari 1000 spesies dari tanaman hias begonia yang tumbuh di kawasan beriklim lembap. Yang umum dirawat untuk tanaman hias di rumah antara lain sebagai berikut:

1. Begonia rex

Begonia rex memiliki daun berwarna-warni. Panjang daun mencapai 6 inci. Tanaman hias begonia rex bisa tumbuh di tanah lembap namun tidak berair. Akan tumbuh lebih subur lagi jika tidak langsung terpapar matahari atau diletakkan di tempat yang sejuk. Ketika suhu dingin, begonia rex akan ‘tertidur’ dan saat suhu sedang hangat akan bertunas subur.


Read More : Mengenal Efek White Lies pada Anak, Berbohong untuk Kebaikan Ternyata Buruk

2. Begonia semperflorens

Begonia semperflorens dikenal juga dengan begonia wax. Dilansir Upgraded Home, Rabu, 17 November, begonia jenis ini paling umum dan paling mudah perawatannya dibandingkan jenis lainnya. Begonia sempereflorens merupakan tahaman hias yang lebih mudah ditanam outdoor daripada indoor.

Bunga tanaman begonia semperflorens ada bermacam variasi, mulai dari merah, kuning, putih, dan merah muda. Bunganya bersifat edible atau aman untuk dikonsumsi. Batangnya bisa tumbuh hingga 60 sentimeter.

3. Begonia boliviensis

Jenis begonia spesies boliviensis tergolong tanaman hias baru karena dibiakkan dari spesies begonia liar. Umumnya tumbuh di dinding tebing di kawasan Amerika selatan dan mekar pada akhir musim semi hingga musim gugur. Paling baik ditanam di tanah kering.

Boliviensis bunganya kecil-kecil dan terjumbai menggantung. Begonia boliviensis memiliki bunga merah dan oranye. Paling tepat meletakkan bunga ini di bawah sinar matahari teduh dengan kelembapan yang pas.

4. Begonia reiger

Bunga begonia spesies reiger ini sekilas terlihat seperti mawar. Tumbuh di tempat yang teduh dan cocok diletakkan sebagai tanaman gantung. Namun sayang, tanaman hias ini tidak memiliki usia panjang. Salah satu varietas yang paling populer dirawat dari begonia reiger adalah solenia.

5. Begonia tuberous

Begonia tuberous memiliki bunga yang beraroma harum sehingga dianggap paling dramatis. Daunnya berwarna hijau atau merah anggur dan bunganya berwarna kombinasi antara putih, merah muda, merah, dan oranye.

Untuk hasil terbaik, tanaman hias begonia tuberous perlu ditanam dalam keadaan sinar matahari penuh pada pagi dan sore hari. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memelihara jenis begonia, pastikan berada dalam pot dengan drainase baik untuk mencegah pembusukan.



Read More : Serba Digital, Ini 4 Tips Memikat Calon Pasangan dari Joshua Suherman

6. Begonia rhizomatous

Begonia rhizomatous berakar rimpang dan masuk sebagai kelas tanaman berbatang tebal. Tanaman ini bisa tumbuh meninggi hingga lebih dari 60 sentimeter dan tumbuh subur di daerah panas.

7. Begonia angel wing

Salah satu jenis tanaman begonia polkadot disebut begonia angel wing yang merupakan hasil hibrida. Dilansir laman Olle Eriksson, varietas begonia angel wing ditemukan pada 1926 oleh Eva Kenworthy Grey. Warna dasar daunnya hijau dengan titik-titik warna perak membuatnya disebut sebagai Begonia Sayap Malaikat yang bisa dikembangbiakkan dengan stek.

Dari ketujuh rekomendasi di atas, mana yang paling memikat hati Anda? Untuk merawatnya cukup mudah, kebanyakan tanaman hias begonia membutuhkan cahaya cukup, intensitas penyiraman tepat, pot dengan drainase baik, dan gunakan media tanam campuran tanah dengan perlit.





Loading...