Saturday, 20 Aug 2022

Arkeolog Turki Temukan Dua Patung Kepala Dewa Yunani di Kota Kuno Aizanoi

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Dua patung dewa-dewi Yunani berhasil ditemukan oleh arkeolog Turki dalam penggalian di Kota Kuno Aizanoi, Provinsi Kutahya, Turki.

Melansir Daily Sabah 31 Oktober, kedua kepala patung tersebut merupakan patung Dewi Cinta dan Kecantikan Aphrodute, serta Dewa Anggur Yunani Dionysus.


Read More : SKA Akan Jadi Teleskop Radio Terbesar di Dunia, Membentang di Afsel dan Australia

Penggalian di kota kuno, yang termasuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2012 dan terletak 50 kilometer (31 mil) dari pusat kota, sedang dilanjutkan oleh Direktorat Museum Kütahya, Turki.

Koordinator penggalian Profesor Gökhan Coşkun dari Universitas Dumlupınar mengatakan, pekerjaan di Aizanoi, sebuah situs yang berusia 5.000 tahun, dilakukan tanpa gangguan dengan 100 pekerja dan 27 personel teknis.

Memperhatikan mereka telah mempertahankan pekerjaan di dasar sungai di kota kuno Aizanoi baru-baru ini, Coşkun mengatakan kepala patung Aphrodite dan Dionysus digali di dasar sungai ini.

"Ini adalah temuan penting bagi kami, karena menunjukkan bahwa budaya kepercayaan politeistik Yunani kuno ada untuk waktu yang lama tanpa kehilangan pentingnya di era Romawi," katanya seperti mengutip Daily Sabah dari Anadolu Agency 31 Oktober.



Read More : Objek Mirip Mie Terlihat di Mars, Membuat Para Ilmuwan Tertarik

"Temuan ini menunjukkan bahwa mungkin ada bengkel patung di wilayah tersebut," sambung Profesor Coskun.

Menjadi rumah bagi salah satu kuil yang paling terpelihara dengan baik di Turki, yang didedikasikan untuk dewa Yunani Zeus, Kota Aizanoi dengan mudah dapat dibandingkan dengan Efesus dalam kemegahan dan kepentingannya.

Awalnya dihuni oleh orang Frigia, daerah itu diubah menjadi kota pada abad pertama Sebelum Masehi oleh orang Romawi dan termasuk tempat-tempat unik seperti kuil; empat jembatan Romawi, dua di antaranya masih digunakan sampai sekarang; pasar dalam ruangan pertama yang diketahui di dunia, dengan tulisan harga barang yang dijual masih terlihat di dinding; teater; pemandian Romawi dan gua suci kuno.





Loading...