Saturday, 04 Dec 2021

Situasi COVID-19 di Indonesia Mulai Membaik, Kata Luhut

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim situasi COVID-19 di Indonesia terus membaik yang terlihat dari angka reproduksi efektif virus yang terus menurun.

“Awal beberapa hari yang lalu, situasi COVID-19 di Indonesia mulai membaik. Angka reproduksi efektif virus lebih baik di bawah 1, bahkan di bawah 0,98,” kata Luhut dalam program Climate Leaders Message yang disiarkan melalui kanal YouTube kementerian, Senin, 18 Oktober.


Read More : OJK Tutup 103 Pinjol Ilegal yang Merugikan Masyarakat, Ini Daftar Lengkapnya

Luhut menjelaskan, di beberapa daerah, tingkat reproduksi efektif virus bahkan mencapai 0,97. Di Jakarta, angkanya turun menjadi 0,95.

Meski demikian, Koordinator Pembatasan Mobilitas Masyarakat Jawa-Bali atau Koordinator PPKM menyatakan, Indonesia harus tetap mewaspadai lonjakan kasus positif pada libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Dia ingat

“Presiden menuntut segera ditentukan strategi untuk persiapan Natal dan tahun baru,” kata Luhut.



Read More : Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Pengamanan Untuk Cegah Masuknya Omicron

Sebagai tindakan pencegahan, Luhut menjelaskan, pemerintah perlu mempercepat vaksinasi untuk lansia di daerah aglomerasi dan pusat pertumbuhan ekonomi serta menekan jumlah pasien di rumah sakit.

Presiden Jokowi, lanjut Luhut, juga meminta para menteri untuk menjaga tren penurunan COVID-19. “Jaga agar jumlah kasus serendah mungkin untuk mencegah [situasi] tidak terkendali,” tambahnya. Luhut juga mengimbau masyarakat agar tidak terlalu euforia dengan situasi yang semakin membaik saat ini.





Loading...