Saturday, 04 Dec 2021

Energi Habis Tetapi Tugas Menumpuk, Lakukan 10 Aktivitas Ini Supaya Lebih Segar

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Hampir akhir pekan, tetapi tugas masih menumpuk belum terselesaikan. Ketika energi mulai habis terkuras, Anda tentu tidak sepenuhnya bisa fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Tenang, ada sejumlah aktivitas ‘istirahat’ yang mampu membantu supaya lebih segar.

Menurut seorang terapis dan penulis Barton Goldsmith, Ph.D., setiap orang mengalami persoalan ini. Tubuh tak seenergik biasanya sehingga hanya ingin rebahan dan malas-malasan. Saran Goldsmith dilansir Psychology Today, Jumat, 8 Oktober, bergeraklah meski sedikit demi sedikit.


Read More : Menurut Penelitian, Kualitas Hubungan yang Baik dalam Keluarga Merupakan Kunci Keberhasilan Membangun Harga Diri Anak

Bergerak lambat, tambah Goldsmith, lebih baik daripada berdiam dan tugas yang belum selesai hanya akan membebani pikiran. Psikoterapis berlisensi ini merekomendasikan untuk melakukan 10 aktivitas berikut agar bisa terus ‘bergerak’ menyelesaikan tugas.

1. Temukan sesuatu yang bikin tersenyum
Tersenyum membuat hari Anda terlihat cerah. Ketika Anda membagikan senyum, orang lain tak akan tahu bahwa energi sedang dipayungi mendung. Artinya, senyuman tidak hanya mencerahkan mood tetapi juga memberikan efek besar pada sekitar Anda.

2. Mandi cepat
Mengguyur tubuh dengan suhu air yang membuat nyaman bisa sedikit meningkatkan energi, tulis Goldsmith. Maka mandilah dalam waktu sebentar saja kemudian raih pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

3. Kenakan pakaian yang nyaman
Kadang, memakai pakaian santai membuat seseorang hilang motivasi untuk bekerja secara profesional. Saran Goldsmith, kenakan pakaian paling nyaman yang bisa meningkatkan mode profesional dan membantu pikiran tetap bekerja secara lebih tajam.

4. Istirahat sebentar dan hirup aroma menyegarkan
Aroma-aroma tertentu memicu lahirnya inspirasi. Maka ketika pikiran buntu dan tubuh sudah lelah, cobalah istirahat sebentar dan hidup aroma menyegarkan. Anda bisa berjalan sebentar ke halaman menghirup aroma kesegaran. Bisa juga menyeduh kopi, teh hijau, maupun mengupas jeruk untuk mendapatkan efek penyegaran.

5. Atur jeda
Jika Anda membutuhkan jeda setiap sesi, maka atur waktunya. Misalnya jeda setiap 30 menit atau jika dengan cara tersebut lebih melelahkan, pakai cara sebaliknya. Setiap jeda 30 menit, kerjakan satu tugas sedikit demi sedikit.



Read More : Agar Pertumbuhan Tanaman Hias Merambat Makin Optimal, Ini Rahasia Membuat Turus

6. Tunda selama tidak mendesak
Menunda pekerjaan atau menyelesaikan tugas kadang diperlukan, kata Goldsmith. Asalkan tidak mendesak tentu saja. Pastikan jika menunda sementara waktu bukan ide buruk kecuali pekerjaan tersebut bersinggungan dengan orang lain.

7. Cari ruangan yang nyaman
Beruntunglah jika Anda bekerja dari rumah. Anda bisa memilih ruang paling nyaman untuk bekerja. Misalnya dengan memakai ruang keluarga atau ruang yang tidak terlalu terang. Bisa juga bekerja di halaman belakang.

8. Minta bantuan teman
Jika tugas terlalu besar untuk diselesaikan sendiri apalagi sedang enggak berenergi penuh, Anda bisa minta bantuan teman. Orang yang Anda mintai bantuan akan lebih menghargai kejujuran Anda.

9. Mengatur tubuh lebih aktif
Goldsmith mengatakan, terkadang seseorang perlu memasang wajah serius hingga jam kerja selesai. Kadang, akting seperti ini bisa mengusir energi negatif.

10. Yakin esok merasa lebih baik
Perubahan waktu dan pergerakan matahari besar pengaruhnya pada semangat Anda. Goldsmith meyakini hal ini meski terdengar klise. Artinya, yakinlah bahwa setelah melewatkan waktu istirahat tidur malam hari dan saat matahari terbit Anda akan lebih berenergi.





Loading...