Thursday, 25 Apr 2024

Sindrom Hiperglikemik Hiperosmolar, Kadar Glukosa dalam Darah Sangat Tinggi Hingga Menyebabkan Halusinasi

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Seseorang dengan diabetes perlu betul-betul mengontrol tingkat gula dalam darah. Terutama bagi penderita diabetes tipe 2, penting memeriksa kadar gula darah secara berkala. Selain itu, Anda juga perlu menghindari pemicu naiknya glukosa darah.

Menurut medis, ternyata gula darah yang sangat tinggi bisa menyebabkan halusinasi. Berapa ukuran gula darah agar tidak mengalami halusinasi? Bagaimana cara mengatasinya? Dilansir WebMD, Sabtu, 2 Oktober, berikut fakta-fakta mengenai sindrom hiperglikemik hiperosmolar.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

Sindrom hiperglikemik hyperosmolar dialami seseorang dengan diabetes yang tingkat glukosa dalam darah mencapai 600 mg/dL. Sindrom tersebut ditandai dengan melepaskan kelebihan gula darah lewat urin. Ini akan mengambil banyak cairan dalam tubuh sehingga penderita diabetes yang mengalaminya diikuti dengan rasa haus terus-menerus, merasa lelah, dan mual.

Halusinasi juga jadi salah satu sindrom ini, terjadi ketika seseorang sangat dehidrasi, elektrolit dalam tubuh rusak, sehingga memengaruhi jejaring antara sel-sel otak dan terjadilah halusinasi.

Hyperosmolar Hyperglikemic State, atau populer disebut dengan akronim ‘hhs diabetes’, sebenarnya tidak umum terjadi. Tetapi paling mungkin dialami oleh seseorang dengan diabetes tipe 2. Untuk menangani kondisi ini, pasien harus dibawa ke dokter. Sebab membutuhkan penanganan medis segera sebelum mengalami pingsan dan koma.

Tidak ada cara paling baik selain menjaga kadar gula dalam darah tetap terkendali. Maka jagalah pola hidup sehat, perawatan, dan selalu memantau tingkat glukosa dalam darah.

Yang paling penting untuk dipahami, halusinasi bisa terlihat sangat nyata. Seseorang yang mengalaminya mungkin bisa melihat, mendengar, bahkan merasakan hal-hal yang tidak ada. Untuk pertolongan pertama, berikan banyak minum hingga ditangai secara medis. Ini bisa mengurangi rasa haus dan membantu tubuhnya terhidrasi.



Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Healthy Place, halusinasi dialami ketika glukosa sangat tinggi sedangkan psikosis ketika kadar gula darah sangat rendah.

Sebenarnya, efek yang dirasakan ketika mengalami halusinasi maupun psikosis tidak berbeda. Antara lain mengacu pada keadaan pikiran bingung mana fakta dan yang nyata. Psikosis sendiri terdiri dari pengalaman halusinasi, delusi, dan sulit berkonsentrasi.

Psikosis juga dibagi dua kategori, yaitu psikosis primer dan sekunder. Psikosis primer melibatkan gejala psikotik yang merupakan bagian dari gangguan kejiwaan, seperti skizofrenia. Sedangkan yang dialami seseorang dengan diabetes termasuk psikosis sekunder yang berkembang karena kondisi medis.





Loading...