Saturday, 20 Apr 2024

7 Tips Kesehatan Untuk Penyintas Covid-19

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Beberapa penyintas Covid-19 umumnya akan mengalami efek jangka panjang setelah pertama kali terpapar virus yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan setelah dinyatakan bersih dari virus corona, yang lebih dikenal dengan istilah long covid. 

Covid-19 jangka panjang adalah gejala persisten atau gejala baru yang dialami oleh pasien Covid-19 yang dapat bertahan hingga 28 hari sejak infeksi awal. 


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

Spesialis THT - Bedah Kepala dan Leher Dr Muslim Kasim menjelaskan bahwa gejala yang terus menerus dari mantan pasien Covid-19, baik kasus covid akut maupun ringan, dapat memaksimalkan pemulihan fisik mereka dan mengurangi efek covid yang lama dengan mengikuti 7 sarannya sebagai berikut:

- Pertahankan Asupan Gizi 
Dokter dalam postingan media sosial mengklasifikasikan asupan gizi adalah makanan yang dikonsumsi yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin yang terpenting seimbang dengan kebutuhan spesifik individu. Dia sangat menyarankan menghindari minuman tinggi gula, makanan cepat saji, dan makanan ringan kemasan. 

-Tidur yang cukup 
Istirahat yang cukup melalui tidur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga berat badan yang stabil, dan tentu saja tubuh yang lebih sehat secara keseluruhan. Ia merekomendasikan waktu tidur minimal 7-8 jam per hari.

-Manajemen stres 
Ia percaya bahwa tujuan utama dari manajemen stres yang efektif adalah dengan memiliki kehidupan yang seimbang seperti antara pekerjaan dan kehidupan sosial. 

-Latihan Rutin
Perlahan mulai berolahraga lagi dan hindari duduk terlalu lama.



Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

-Jauhi Alkohol dan Rokok 
Mengkonsumsi minuman beralkohol selama proses pemulihan dari Covid-19 dapat menyebabkan masalah jantung, meningkatkan tekanan darah, melemahkan otot jantung, dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker. 

-Menjaga Protokol Kesehatan 
Selama kantong infeksi masih ada, risiko infeksi ulang masih mengintai. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan

-Vaksinasi 
Korban yang tidak divaksinasi memiliki risiko 2,3 kali lebih besar untuk terinfeksi kembali. “Vaksin itu akan melindungi, terutama dari risiko penyakit serius atau kematian akibat Covid-19 ,” kata Muslim.





Loading...