Tuesday, 19 Oct 2021

5 Cara yang Dapat Dilakukan untuk Menenangkan Diri saat Marah

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Perasaan marah kadang bisa muncul tiba-tiba. Ragam alasan bisa jadi penyebab kenapa Anda bisa marah. Bisa jadi karena mengalami masalah besar, tahu hal-hal sepele yang menyebalkan, dimarahi bos, lupa bayar tagihan sampai kena bunga besar, atau baru tahu pasangan selingkuh pasti bikin emosi meledak. 

Marah tentu diperbolehkan, tapi mungkin Anda ingin menenangkan diri dulu biar lebih tenang. Ketika suasana hati masih terasa panas, Anda mungkin akan melakukan tindakan merugikan. Sementara dengan menjadi lebih tenang, Anda bisa berpikir lebih jernih dan tahu harus melakukan apa. 


Read More : Indonesia Rekam Indeks Pemulihan Covid-19 yang Baik, Tapi Tidak Dalam Angka Kematian

Lalu, ketika merasa marah, apa yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri? Untuk lebih lanjut, mari ikuti tips berikut ini.

Tarik napas dalam-dalam

Waktu Anda sedang merasa marah, coba ingat untuk tarik napas dalam-dalam sambil memejamkan mata. Sederhana, tapi ampuh untuk meredakan emosi plus bikin rileks. Sebisa mungkin pergi ke tempat yang lebih tenang dan sepi, misalnya duduk di dalam mobil atau pergi ke toilet, lalu relaksasi diri dengan teknik pernapasan dalam yang melegakan. Ulangi sampai Anda merasa lebih tenang. 

Jalan-jalan keluar ruangan

Kalau ada masalah di rumah atau kantor, coba kabur sebentar untuk jalan-jalan di luar ruangan. Anda bisa menenangkan diri sambil menghirup udara segar. Menjauhlah sebentar dari sumber kemarahan dan nikmati momen jalan santai sambil memikirkan hal-hal yang mungkin bisa membantu Anda keluar dari masalah. 

Mendengarkan musik

Tidak sempat keluar ruangan untuk jalan-jalan? Anda bisa coba satu cara mudah untuk menenangkan hati dan pikiran, yaitu dengan mendengarkan musik. Bebas musik apa aja yang bikin Anda merasa senang, tapi sebenarnya yang paling bikin tenang justru musik keras macam heavy metal. 



Read More : 5 Aturan Diet Untuk Penderita Diabetes Usia 50 Tahun ke Atas

Cerita 

Biar lebih tenang saat sedang marah, Anda bisa curhat ke orang terdekat. Cerita adalah salah satu cara meluapkan emosi yang positif. Kalau lagi tidak ada teman di dekat Anda, cobalah kirim pesan atau bercerita melalui telepon.

Menangislah 

Jika emosi sudah memuncah dan Anda tidak bisa lagi menahannya, maka menangislah. Jangan malu atau takut dibilang cengeng, soalnya mengeluarkan air mata ampuh untuk meredakan emosi. Setelah menangis, pasti Anda merasa lebih lega. Biar tidak jadi tontonan, Anda bisa cari tempat sepi kalau lagi di kantor atau misalnya mall,  yang lagi-lagi biasanya di toilet!





Loading...