Monday, 20 Sep 2021

Cara Meningkatkan Imunitas Anak Di Tengah Pandemi COVID-19

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Sistem imun ibarat mekanisme pertahanan tubuh anak terhadap penyakit. Saat tubuh sehat, berarti sistem imun bekerja secara optimal. Namun ada kalanya daya tahan tubuh menurun sehingga anak mudah terserang penyakit. Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga imunitas tubuh tetap fit adalah suatu keharusan, terutama bagi anak-anak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dalam melawan berbagai kuman, virus, dan bakteri. Upaya tersebut dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh mereka dengan menerapkan kebiasaan sehat.

Dalam webinar nasional yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Juli bertema Memilih Gizi yang Tepat untuk Anak, Cara Meningkatkan Imunitas Di Tengah Lonjakan Covid 19 yang diselenggarakan oleh Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) dan PP Muslimat NU, salah satu pembicara, dr. Meta Hanindita SpA.KK memaparkan empat hal yang bisa diterapkan orang tua dalam menjaga imunitas anaknya di masa pandemi saat ini.


Read More : 5 Cara yang Dapat Dilakukan untuk Menenangkan Diri saat Marah

Apa saja upaya tersebut?

Penuhi kebutuhan susu

ASI atau susu formula merupakan minuman yang tepat untuk menjaga kekebalan tubuh anak. Pasalnya, ASI mengandung kolostrum yang berperan sebagai antibodi bagi si Kecil. Bahkan susu formula mengandung nutrisi pelengkap seperti Omega 3, prebiotik, probiotik, dan DHA yang juga mendukung kekebalan anak.

Sayangnya, sebagian orang masih memberikan susu kental manis kepada anaknya karena menganggap susu kental manis adalah susu. Pemberian susu kental manis sebagai pengganti ASI atau susu formula kurang tepat karena susu kental manis mengandung lebih banyak gula daripada nutrisi yang dibutuhkan anak.

Berikan makanan yang kaya nutrisi

Anak-anak membutuhkan zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak, dan protein, serta zat gizi mikro termasuk vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh serta pertumbuhan dan perkembangannya. Pola makan yang ideal adalah menerapkan pola makan seimbang yang bervariasi dan memenuhi kebutuhan anak. Dengan memberikan nutrisi yang tepat dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak di masa pandemi.

Prioritaskan waktu tidur untuk anak-anak

Tidur yang cukup juga penting dalam menjaga imunitas anak di masa pandemi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit dengan cara mengurangi sel pembunuh alami yang dapat menyerang mikroba dan sel kanker.

Hj. Zaskia Adya Mecca, salah satu nara sumber dalam webinar tersebut juga menjelaskan bahwa anak-anak yang kurang tidur rentan terhadap penyakit. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadinya, di mana dua anaknya terpapar COVID-19 saat daya tahan tubuhnya lemah akibat kurang tidur.



Read More : Kemenkes: Waspada Varian Baru COVID-19 C.1.2 yang Menyerang Siapa Pun

Jaga kebahagiaan anak 

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh adalah hati yang gembira. Jika hati senang, antibodi bisa bekerja maksimal untuk menjaga tubuh. Peran orang tua dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh dalam menentukan perasaan hati anak.

Ajak anak sesekali bermain di luar rumah agar mood tetap stabil dan memperhatikan protokol kesehatan. Mengajak anak untuk tetap aktif beraktivitas juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas anak dan mencegah mereka dari Pola Hidup Sedentary.





Loading...