Wednesday, 28 Jul 2021

Pertemuan Joe Biden-Vladimir Putin Hari Ini Adalah Ujian Dalam Hubungan Rusia-China

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID - Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni, disebut-sebut sebagai ujian bagi hubungan Rusia dengan China. Di tengah sorotan Barat terhadap Rusia dan China, para pengamat tidak melihat pilihan lain selain meningkatkan aliansi mereka terlepas dari hasil pertemuan hari ini.

Moskow dan Beijing, keduanya menghadapi konfrontasi dari Barat, tidak melihat pilihan lain selain terus memperkuat aliansi mereka terlepas dari hasil KTT Rusia-AS di Jenewa, Shi Yinhong, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Renmin di Beijing, mengatakan kepada South China Morning Post. 


Read More : Mengerikan, Insiden Tanah Longsor dan Banjir Melanda Kamp-kamp Rohingya di Bangladesh

"Dalam iklim saat ini, China dan Rusia tidak punya pilihan selain memperkuat kerja sama strategis, militer, dan diplomatik mereka," kata Shi Yinhong, profesor hubungan internasional di Universitas Renmin di Beijing.

Menurutnya, NATO dan G7 telah menyebabkan lebih banyak antagonisme antara AS dan Rusia dengan komunike mereka, dan pembicaraan Jenewa tidak akan banyak berubah.

"Biden ingin mengulangi sikap garis keras AS ketika dia pergi ke Jenewa," kata Shi.

Selain itu, ia mengharapkan kontrol senjata akan menjadi salah satu fokus pertemuan, setelah kedua pihak sepakat untuk memperpanjang perjanjian START Baru yang membatasi senjata nuklir.

"Mungkin mereka akan membahas langkah-langkah untuk mencegah memburuknya kontrol senjata," katanya.

Sementara itu, pakar urusan AS di Akademi Ilmu Sosial China Lu Xiang mengatakan Washington dapat mencoba meredakan ketegangan dengan membuat konsesi pada pipa gas Nord Stream 2 Rusia ke Jerman, yang sangat ditentang AS.



Read More : Seorang Warga Palestina Dipukuli Sampai Mati di Dalam Tahanan Israel

"Presiden Joe Biden akan menguji Presiden Vladimir Putin dan mencoba melakukan pertukaran, dalam upaya untuk memutuskan hubungan Tiongkok-Rusia," kata Lu.

"Namun, Moskow akan terus mengejar hubungan yang lebih dekat dengan Beijing, dan mungkin ada lebih banyak keterlibatan di paruh kedua tahun ini."

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joe Biden dan Presiden Putin akan bertemu di Villa La Grange, Jenewa, Swiss pada 16 Juni mendatang. Sejumlah agenda dikatakan akan dibahas dalam pertemuan yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken itu. dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Sebagai bagian dari tindakan keamanan, Villa La Grange akan ditutup untuk pengunjung mulai 8-18 Juni. Otoritas regional mengumumkan langkah-langkah keamanan yang diperketat pada 14-17 Juni. Secara khusus, penerbangan kendaraan udara tak berawak (drone) dilarang di Jenewa. Zona keamanan khusus telah dibuat di sekitar tempat pertemuan puncak, meliputi Parc La Grange dan Parc des Eaux Vives yang berdekatan.





Loading...