Wednesday, 28 Jul 2021

6 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur, Apakah Anda Sering Melakukannya?

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID - Dengan pencahayaan yang cukup, membaca sebelum tidur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental dan otak.

Apalagi ketika hidup terlalu sibuk untuk melakukan hal-hal yang tidak berkaitan dengan menjaga kesehatan mental dan otak, maka referensi ini diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat membaca Anda.


Read More : Biar Lebih Mantap, Ini 5 Tips Foreplay Sebelum Bercinta

Berikut beberapa manfaat membaca sebelum tidur.

Mengurangi stres

Saat pikiran penat dan penuh tugas atau pekerjaan, membaca terbukti secara ilmiah dapat mengurangi stres. Menurut penelitian, membaca sebenarnya lebih efektif daripada berjalan-jalan atau minum teh. Dalam keadaan pikiran yang rileks, Anda juga akan lebih mudah tertidur.

Meningkatkan memori

Membaca juga meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang jika dilakukan setiap malam sebelum tidur. Manfaat kedua dari membaca sebelum tidur juga dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Bustle, Jumat 11 Juni.

Membaca dapat meningkatkan empati

Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungannya membaca sebelum tidur dengan empati. Membaca fiksi dan sastra menurut studi ilmiah berkontribusi pada harga diri. Semakin seseorang menghargai dirinya sendiri, semakin tinggi rasa hormat terhadap orang-orang di sekitarnya.



Read More : 5 Olahan Daging Sapi Untuk Dihidangkan Saat Idul Adha

Minimalkan penggunaan teknologi sebelum tidur

Layar perangkat yang cerah ditambah membuat Anda lupa waktu saat menggulir setiap halaman media sosial membuat jam tidur tertunda. Belum lagi risiko negatifnya bagi mata. Jadi, hal positif yang perlu Anda perhatikan adalah membaca buku.

Perkaya imajinasi

Inovasi lahir dari imajinasi, sehingga membaca adalah kekuatan pendorong untuk menciptakan inovasi baru. Dengan membaca secara teratur, Anda juga mendapatkan lebih banyak hal di luar kebiasaan. Anda juga bisa menuai inspirasi untuk pekerjaan yang produktif.

Atasi masalah kurang tidur

Sangat penting untuk memiliki rutinitas, termasuk sebelum tidur. Rutinitas mengatur cara kerja otak dan mengenali kapan waktunya untuk tidur. Jika Anda membaca sebelum tidur, tubuh dan otak Anda akan mengenali atau mempersepsikannya sebagai tanda bahwa sudah waktunya istirahat. Membaca buku sebelum tidur jika sudah menjadi rutinitas, masalah kurang tidur atau insomnia bisa teratasi.

Buku apa yang paling kamu suka? Mulai dari memilih salah satu yang paling Anda sukai, Anda bisa membiasakan membaca sebelum tidur dan menikmati manfaat kesehatannya.





Loading...
Related News