Sunday, 20 Jun 2021

Segera Kenali, 4 Indikasi Mengalami Stres Terlihat Pada Kulit

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID - Aktivitas padat dalam seminggu bisa menjadi penyebab stres. Jika Anda tidak merasakan tekanan untuk lebih menikmati prosesnya, Anda dapat menangkap tanda-tanda stres dari kulit Anda.

Kondisi ini tentu tidak bisa diabaikan, karena selain menurunkan kesehatan secara keseluruhan, stres juga menghambat produktivitas Anda. Jadi, kenali indikasi stres yang muncul pada kulit seperti di bawah ini.


Read More : Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Philodendron, Mana Yang Paling Mahal?

Jerawat di sekitar dagu dan mulut

Seorang dokter kulit, Dr Cristina Vajaitu mengatakan bahwa jerawat bisa muncul karena stres dan berhubungan dengan hormon. Kelebihan kortisol atau hormon stres mempengaruhi sistem tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Minyak dari lapisan kulit bisa terjebak di folikel rambut dan menghasilkan jerawat. Saat sibuk, seseorang juga cenderung mengabaikan kebersihan wajah.

Vajaitu merekomendasikan pembersih jerawat yang efektif yang mengandung asam glikolat, salisilat, laktat, malat, dan mandelik atau benzoil peroksida.

“Selain itu, kulit yang rawan jerawat membutuhkan retonol atau retinoid topikal dan mungkin antibiotik topikal. Chemical peeling dan laser Aerolase juga efektif mengobati jerawat,” jelas dr Vajaitu, seperti dilansir She Knows, Jumat, 4 Juni.

Rosacea

Rosacea yang terjadi karena stres dapat mengurangi kemampuan kulit untuk melindungi dan melawan peradangan. Benjolan kecil seperti jerawat dan berwarna merah muncul di wajah. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan krim kulit yang tepat.

Seorang dokter kulit di Union Square Laser Dermatology, Claire Chang merekomendasikan bahan anti-inflamasi seperti niacinamide, centella asiatica, dan teh hijau untuk kulit yang rentan terhadap rosacea.

Eksim dan psoriasis

Saat Anda stres, tidak hanya perasaan yang menjadi sensitif tetapi juga kulit. Anda mungkin mengalami gatal dan kering, bercak merah pada kulit saat kulit Anda bereaksi buruk terhadap sabun atau deterjen. Itu juga bisa terjadi ketika Anda sedang stres.

Ketika eksim dan psoriasis muncul bersamaan ketika ada banyak stres, maka pelembap bisa sangat membantu.

“Pasien dengan eksim dan psoriasis harus menggunakan krim pelembab yang kental untuk menghidrasi kulit,” saran Dokter Chang.



Read More : Kesalahan Kecil Yang Bisa Membuat Tanaman Di Rumah Layu

Wajah kuyu dengan mata panda

Setelah begadang selama beberapa hari berturut-turut, saat bangun tidur, sangat mungkin tubuh Anda masih terasa lelah. Wajah terlihat kuyu dengan warna yang lebih gelap di bawah mata. Kulit kusam dan mata panda bisa diatasi dengan tidur yang cukup dan menambahkan serum yang mengandung vitamin C.

Untuk menjaga kulit tampak bercahaya, Dokter Chang merekomendasikan untuk merangsang lebih banyak produksi kolagen.

Selain disebabkan oleh stres, kondisi kulit yang tidak diinginkan seperti di atas bisa dialami saat pola makan yang buruk dan kurangnya pengenalan karakter kulit. Jika Anda tidak menginginkannya, maka pahami karakter kulit Anda dan jalani gaya hidup yang lebih sehat.





Loading...