Sunday, 20 Jun 2021

Bukan Hanya Saat Bulan Ramadhan, Kurma Cocok Dikonsumsi Sepanjang Tahun Karena Mengandung 5 Nutrisi Ini

news24xx


Foto : MstarFoto : Mstar

NEWS24.CO.ID - Kurma memang cukup identik dengan Ramadhan yang disantap saat buka puasa dan sahur namun tahukah Anda bahwa ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan?

Sebenarnya tidak hanya enak dimakan saat Ramadhan tapi bisa dipraktekkan sepanjang tahun karena manfaatnya yang lumayan besar. Berikut lima manfaat kurma yang mungkin belum Anda ketahui;


Read More : Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Philodendron, Mana Yang Paling Mahal?

1. Baik untuk pencernaan

Serat yang terdapat pada kurma sangat baik untuk sistem pencernaan manusia selain sayuran dan buah-buahan. Dalam 100 gram kurma terdapat tujuh gram serat. Serat membantu mencegah sembelit, selain melancarkan aktivitas di usus.

2. Otak yang sehat

Otak merupakan organ penting bagi manusia dan praktik makan kurma bisa menguntungkannya. Dalam studi yang dilakukan oleh Neural Regeneration Research 2016, kurma memiliki perlindungan dalam melawan peradangan dan stres oksidatif pada otak.

Kurma juga mampu menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko tinggi penyakit neurodegeneratif termasuk Alzheimer.

3. Pemanis alami

Kurma juga dapat digunakan sebagai pemanis alami bahkan dapat dicampur dengan bahan lain untuk membuat kue, puding bahkan minuman. Penderita diabetes juga bisa makan kurma.



Read More : Kesalahan Kecil Yang Bisa Membuat Tanaman Di Rumah Layu

4. Camilan untuk penderita diabetes

Meski rasanya manis, kurma bisa dimakan oleh penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrients, asupan kurma tidak membawa perubahan pada kadar gula darah. Sebanyak 100 wanita dan pria dengan diabetes tipe 2 berpartisipasi dalam penelitian dengan memasukkan tiga kurma dalam makanan harian mereka selama 16 minggu.

Hasilnya, kadar gula darah mereka tidak menunjukkan perubahan apapun bahkan setiap penderita mengalami penurunan kolesterol jahat.

5. Menjaga berat badan

Untuk kurma muda, kandungan kalorinya tidak tinggi dan berpotensi membantu menjaga berat badan karena kandungan serat dan kalorinya yang rendah. Serat yang ditemukan dalam kurma dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama.





Loading...