Sunday, 20 Jun 2021

Khawatir Tentang Mata Merah? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengobatinya

news24xx


Foto : MstarFoto : Mstar

NEWS24.CO.ID -  MATA memerah adalah gejala utama peradangan penglihatan. Itu terjadi ketika bagian putih mata berubah menjadi merah. Masalah ini biasanya bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan namun penderitanya perlu waspada jika terjadi nyeri dan gangguan penglihatan. American Academy of Family Physicians melaporkan bahwa penyebab mata merah adalah karena konjungtivitis selain mata kering, blepharitis, infeksi kornea, perdarahan subkonjungtiva dan sebagainya.

Berikut beberapa cara mengatasi masalah mata merah sesuai penyebabnya.


Read More : Seks Saat Hamil Muda, Ini Posisi Aman Yang Bisa Dicoba

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah infeksi yang memicu rasa gatal dan iritasi pada konjungtiva atau lapisan kelopak mata dan bagian putih mata. Infeksi ini akan menyebabkan iritasi pada pembuluh darah dan memicu peradangan serta mata bengkak. Peradangan inilah yang membuat bagian putih mata menjadi merah.

Konjungtivitis dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau alergi. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung atau barang-barang pribadi penderitanya. Selain mata merah, gejala konjungtivitis antara lain gatal, mata berair, kepekaan terhadap cahaya dan gangguan penglihatan.

Untuk mengobatinya, dokter akan memberikan antibiotik dan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari.

2. Mata kering

Mata kering biasanya disebabkan oleh masalah kesehatan, perubahan hormonal atau efek samping penggunaan obat tertentu. Selain mata merah, gejala mata kering lainnya bisa menyebabkan mata terasa panas, perih, berair, penglihatan kabur dan mudah lelah.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat tetes mata selain pelembab yang dioleskan di sekitar mata dan penggunaan kacamata dengan pelindung khusus.



Read More : Ternyata, 10 Faktor Ini yang Bikin Sulit Mencapai Orgasme

3. Blepharitis

Blepharitis adalah peradangan kronis pada tepi kelopak mata dan dokter biasanya akan membersihkan kelopak mata dengan pembersih selain memijat area kelopak mata. Setelah kelopak mata sudah dibersihkan, dokter biasanya akan mengoleskan krim steroid ke kelopak mata selain memberikan obat mata, antibiotik.

4. Kornea

Biasanya mata merah disebabkan oleh infeksi pada kornea akibat luka, trauma, infeksi bakteri, mata kering, alergi dan luka pada kornea. Selain mata merah, gejala lainnya adalah mata perih, lebih peka terhadap cahaya, mata berair, gangguan penglihatan dan munculnya bintik-bintik putih pada kornea.

Meski terdengar menyakitkan, dokter biasanya akan memberikan antibiotik atau antibakteri untuk membantu meringankan gejala penyakit dan mencegah komplikasi.





Loading...