Friday, 19 Apr 2024

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa: Indonesia Harus Bisa Mencontoh China yang Ekonominya Bangkit Begitu Cepat

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I tahun ini akan berkontraksi sekitar 0,6 persen hingga 0,9 persen (yoy).

"Pada triwulan I diperkirakan pertumbuhan ekonomi masih berkontraksi sekitar 0,6 persen hingga 0,9 persen (yoy)," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 di Jakarta, Selasa.

Di sisi lain, Kepala Bappenas Suharso menyatakan upaya pemulihan dari dampak pandemi akan dipercepat pada kuartal II sehingga dengan terkendalinya kasus COVID-19, perekonomian nasional diproyeksikan pulih dan tumbuh positif. pada kuartal kedua 2021.


Read More : Mamangbet Situs Paling Bagus Depo 5000 Aja Jepe Terus

Ia mengatakan, perkembangan ekonomi China dalam satu tahun terakhir bisa dijadikan contoh dalam upaya perbaikan ekonomi karena China mampu pulih dengan cepat pasca pandemi.

Pemulihan ekonomi China telah terjadi sejak kuartal kedua tahun 2020 setelah mengalami kontraksi yang sangat dalam pada kuartal pertama dan kemudian berhasil rebound pada kuartal pertama tahun 2021 dengan pertumbuhan mencapai 18,3 persen.

"Kunci pemulihan ekonomi yang tepat dan sangat cepat adalah karena berhasil mengendalikan penyebaran COVID-19", kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Sementara itu, dia menjelaskan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia menunjukkan tren menurun, namun di beberapa daerah masih ada tren peningkatan, seperti di Provinsi Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Provinsi Kepulauan Riau.



Read More : Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Lahan Terbatas, Mulai dari Pembenihan hingga Panen

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar cluster baru COVID-19 dapat dihindari karena program vaksinasi masih terus dilakukan guna mencapai imunitas kawanan.

“Dengan demikian, jika kita bisa mengatasi dan mengendalikan, semoga kepercayaan masyarakat terhadap kondisi kesehatan meningkat dan mendorong pemulihan ekonomi”, ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.





Loading...