Thursday, 13 May 2021

Apa Manfaat Sahur Bagi Yang Berpuasa?

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Sahur sangat dianjurkan saat berpuasa. Banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan dari bangun pagi. Sahur termasuk dalam sunnah yang sah dalam Islam, dimana jika dilakukan akan mendapat pahala, sedangkan jika dibiarkan tidak ada dosa.

Meski tidak harus dilakukan, sahur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak dokter dan ahli gizi yang menganjurkan Anda untuk makan sebelum berpuasa. Lantas, apa saja manfaat sahur bagi kesehatan tubuh?


Read More : Sulit Tidur? Mungkin 4 Hal Ini yang Menjadi Penyebabnya

Simak penjelasannya berikut ini!

Sumber tenaga saat berpuasa
Puasa bukanlah alasan untuk malas. Anda tetap harus menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Untuk itulah, makan saat sahur menjadi kesempatan terbaik untuk mengisi kembali tenaga saat berpuasa. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan protein dan vitamin saat sahur agar selama berpuasa tubuh tetap segar dan bertenaga.

Menjaga kesehatan pencernaan
Agar terhindar dari penyakit maag, Anda sangat disarankan untuk tidak melewatkan waktu makan. Jika lambung dibiarkan kosong terlalu lama, bisa jadi asam lambung naik dan menyebabkan infeksi pada lambung yang menyebabkan maag.

Saat sahur, disarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang tidak membuat Anda kembung dan mengonsumsi makanan dengan porsi normal agar perut Anda terhindar dari rasa kembung. Makan makanan kaya serat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan Anda. Jika pencernaan Anda terjaga, maka Anda bisa lebih nyaman dengan berpuasa.



Read More : Selaput Dara, Antara Mitos dan Fakta, Berikut Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Tidak Ingin Terjerumus ke Dalam Fitnah

Mencegah dehidrasi
Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi lebih dari 18 jam. Sebab, tubuh mudah sekali mengalami dehidrasi. Karena itu, sebelum berpuasa dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan minum air putih yang cukup. Usahakan minum air putih dua gelas saat subuh untuk menghindari dehidrasi.





Loading...