Thursday, 13 May 2021

5 Manfaat Yang Dapat Anda Ambil Jika Anda Ruti Bermeditasi

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Meski berkaitan erat dengan meditasi atau meditasi, namun meditasi itu sendiri dilakukan untuk memfokuskan pikiran dan rileks. Meditasi bisa anda lakukan setiap hari dan tempatnya bisa dimana saja. Baik itu di rumah, kantor, atau di luar ruangan jika Anda kebetulan menghabiskan waktu untuk berlibur di alam. Secara harfiah, makna meditasi itu sendiri diartikan sebagai aktivitas perenungan dan latihan fokus.

Karena kesibukan Anda sehari-hari, terkadang Anda lupa untuk diam sejenak dan merasa tenang. Ini bisa membuat pikiran dan perasaan Anda lebih jernih.

Anda hanya perlu mengambil posisi yang nyaman dan fokus pada pernapasan lembut. Bersihkan pikiran Anda dan lakukan selama Anda bisa. Untuk pemula, mulailah dengan 5 menit setiap hari dan kemudian lanjutkan hingga 20-30 menit. Lantas, apa manfaat sebenarnya dari melakukan meditasi secara teratur?


Read More : Ternyata Ini Efek Buruk Jika Mencuci Beras di Dalam Rice Cooker

Mengurangi kecemasan
Setiap hari tentunya ada kejadian yang membuat panik dan cemas. Misalnya listrik padam di tengah malam, kendaraan mogok, kartu ATM tertelan mesin, lupa membawa dompet, datang terlambat ke rapat karena macet, wawancara kerja, dan kehilangan benda penting.

Nah, dengan rutinitas meditasi, Anda akan bisa mengendalikan rasa cemas yang tiba-tiba muncul. Memang kecemasan tidak bisa dihindari, namun semuanya terkontrol dengan baik dan Anda bisa berpikir lebih jernih untuk mengatasinya.

Lebih sedikit stres
Jika Anda melakukan meditasi secara rutin, perlahan tapi pasti Anda akan menjadi lebih tenang dalam mengatasi permasalahan hidup. Jika Anda bisa mengendalikan hidup Anda, Anda bisa mengurangi stres. Sebuah studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University menyatakan bahwa partisipan mengalami penurunan kadar kortisol (hormon stres) dan peningkatan pemecahan masalah setelah rutinitas meditasi selama 2 minggu.

Meningkatkan kualitas tidur
Bagi yang sering bermasalah dengan tidur misalnya insomnia atau tidur tidak selalu nyenyak, cobalah rajin meditasi. Orang yang bermeditasi secara teratur cenderung tidur lebih awal dan berkualitas. Anda akan tidur cukup dan bangun dengan perasaan segar dan berenergi.

zxc2

Mengatasi kecanduan
Tahukah Anda bahwa orang yang rajin meditasi juga cenderung lebih mampu melawan kecanduan dan ketergantungan pada sesuatu. Misalnya rokok atau minuman beralkohol. Lambat laun, Anda akan lebih sadar akan kesehatan Anda dan mulai bisa mengendalikan diri terhadap hal-hal yang membuat Anda ketagihan.

Lebih produktif
Bermeditasi setiap hari, meski hanya 5-10 menit, ternyata bisa membuat hari Anda lebih produktif. Latihan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi pikiran dan perasaan Anda sendiri dengan lebih baik serta menggali potensi Anda.

Selama meditasi, Anda akan meluangkan waktu untuk mengosongkan pikiran dan sejenak melupakan beban hidup.

Setelah selesai, Anda akan menjadi lebih tenang dan lebih fokus pada apa yang perlu dilakukan. Bagi yang suka overthinking, meditasi adalah hal yang tepat untuk Anda lakukan.





Loading...