Thursday, 18 Apr 2024

Ini Saran Menteri Perhubungan Budi Karya Agar Perusahaan Maskapai Selamat Dari Pandemi

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong kolaborasi pemangku kepentingan sektor penerbangan melalui digitalisasi dan pengembangan bisnis non-aeronautika sebagai strategi berkelanjutan industri penerbangan di tengah pandemi COVID-19.

“Strategi ini harus dikembangkan dengan baik karena dapat meningkatkan pendapatan dan menetralkan tekanan pada suatu bisnis, termasuk sektor penerbangan,” ujarnya dalam webinar “Proyeksi Pemulihan Sektor Penerbangan Menuju Normal Baru” di Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat, 16 April.

Menhub juga mendorong kerjasama maskapai dengan organisasi penerbangan dunia seperti International Civil Aviation Organization (ICAO) dan International Air Transport Association (IATA), dengan fokus pada pengembangan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, pemeriksaan kesehatan, layanan touchless. , dan menyemprotkan disinfektan untuk lebih meningkatkan kepercayaan. orang yang bepergian dengan pesawat di tengah suatu pandemi.


Read More : Mamangbet Situs Paling Bagus Depo 5000 Aja Jepe Terus

Ia menjelaskan upaya lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi pandemi ini, yakni dengan mengoptimalkan slot waktu penerbangan dan mengaktifkan kembali rute domestik yang selama ini belum beroperasi.

Lebih lanjut Budi mengungkapkan, dalam upaya memulihkan bisnis penerbangan di tengah pandemi, saat ini pemerintah sedang melakukan proses vaksinasi nasional bagi petugas transportasi, antara lain pilot, pramugari / pramugari, petugas ground handling, petugas maskapai, dan petugas bandara.

Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di sektor transportasi yang kerap bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Meski pemerintah saat ini sedang melakukan proses vaksinasi nasional, saya meminta agar pelaksanaan prosedur protokol kesehatan mulai dari pemberangkatan, selama perjalanan, dan saat tiba dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” ujarnya.



Read More : Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Lahan Terbatas, Mulai dari Pembenihan hingga Panen

Sementara itu, Ketua INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan, sejak pandemi COVID-19 awal Maret 2020, jumlah penumpang penerbangan nasional mengalami penurunan sekitar 70 persen untuk domestik dan 60 persen untuk internasional.

Selain itu, jumlah kegiatan kargo logistik juga mengalami penurunan dari 1,1 juta ton menjadi 429 ribu ton. Denon sepakat kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan penerbangan bisa menghidupkan kembali dunia penerbangan nasional di Tanah Air.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sejumlah forum diskusi (FGD) dengan pemangku kepentingan seperti Kementerian Kesehatan, BNPB, dan sejumlah pemangku kepentingan di bidang penerbangan.

“Dengan kerjasama yang baik diharapkan dapat menghidupkan kembali penerbangan nasional kita,” kata Denon. Turut hadir dalam webinar tersebut adalah Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati, Ketua Dewan Pembina INACA sekaligus Direktur Utama Garuda Indonesia Irfaniaputra, dan Rektor Universitas Padjajaran Rina Indiastuti. 





Loading...