Friday, 26 Apr 2024

23 Startup Indonesia Siap Go Global

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Dirjen Industri Kecil Menengah dan Berbagai Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan ada 23 startup binaan anak bangsa yang lahir dari program Startup4Industrial Kementerian Perindustrian, siap go global.

“Potensi startup dan penyedia teknologi Indonesia yang luar biasa perlu didorong oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, agar dunia industri percaya diri dengan kemampuannya,” kata Gati saat jumpa pers virtual di Jakarta, dikutip dari Reuters. dari Antara, Rabu, 14 April.

Gati menjelaskan, dari pelaksanaan program Startup4Industry, 23 startup tersebut telah terpilih sebagai co-eksibitor Hannover Messe 2021 dan siap go global.


Read More : Mamangbet Situs Paling Bagus Depo 5000 Aja Jepe Terus

Tiga dari 23 perusahaan berbasis teknologi yang menjadi co-eksibitor di Hannover Messe dan siap go global adalah PT Mygrowtek Jaya Imajin (Imajin), sebuah startup yang berasal dari salah satu pendukung program Startup4industri, yaitu Tridimensional Printer Association.

Startup ini mengajak pabrikan Indonesia untuk saling berbagi sumber daya dan terhubung membentuk factory sharing hubs. Resource sharing dan economy sharing adalah bagaimana manufaktur dan roda ekonomi di industri 4.0 berjalan, kata Gati.

Selanjutnya PT Tata Sarana Mandiri (TSM) yang merupakan perusahaan berbasis teknologi tinggi yang aktif melakukan penelitian utamanya pada perangkat telekomunikasi.



Read More : Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Lahan Terbatas, Mulai dari Pembenihan hingga Panen

“Kami bangga atas upaya TSM untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu membuat produk elektronik dan TIK dengan nilai TKDN 40 persen dan berkualitas global,” ujar Gati.

Selain itu, PT Multi Areal Planning Indonesia (MAPID) merupakan salah satu finalis Startup4industri tahun 2018, saat itu MAPID baru saja melahirkan MVP (minimum worth product) yaitu digital geo mapping dengan internet of things dan Kementerian Perindustrian mengupayakan untuk memberikan eksposur ke MAPID ke pasar nasional.

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Strategis Kementerian Perindustrian 2020-2024, sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan Making Indonesia 4.0 Kementerian Perindustrian berupaya menumbuhkan startup berbasis teknologi melalui program Startup4industri. .

Program Startup4industri merupakan Gerakan membuat Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari para startup untuk mendorong implementasi teknologi di dunia industri dan masyarakat. Tujuan dari program Startup4industri adalah membentuk ekosistem solusi teknologi industri 4.0; dan menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan penyedia teknologi.

Sedangkan tujuan program Startup4industri adalah untuk mengakselerasi startup sebagai penyedia teknologi atau pemecah masalah bagi industri dan masyarakat; penerapan teknologi pada industri, khususnya industri kecil dan menengah (UKM); dan mensosialisasikan penggunaan teknologi buatan Indonesia.





Loading...