Thursday, 13 May 2021

Sering Haus Setelah Minum Banyak Air? Dua Hal Ini Mungkin Menjadi Penyebabnya!

news24xx


Foto : MstarFoto : Mstar
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID -  AIR menghilangkan dahaga saat kita merasa haus karena cuaca panas, melakukan pekerjaan berat dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana jika kita tetap merasa haus meski sudah minum banyak air?

Hati-hati, tubuh Anda mungkin memberikan sinyal tertentu.


1. Mulut kering

Mulut yang kering bisa membuat kita merasa haus. Dalam dunia medis dikenal sebagai xerostomia.

Ketika seseorang mengalami xerostomia, kelenjar tubuh tidak menghasilkan cukup air liur untuk menjaga mulut tetap basah.

Biasanya mulut kering terjadi pada orang yang menjalani kemoterapi, mengonsumsi obat-obatan tertentu, merokok, atau efek penuaan.

Akibatnya mulut akan berbau dan mereka yang menderita masalah ini disarankan untuk lebih sering minum air putih.


Read More : Sulit Tidur? Mungkin 4 Hal Ini yang Menjadi Penyebabnya

2. Diabetes

Bagi penderita diabetes, glukosa biasanya menumpuk di dalam darah sehingga memaksa ginjal bekerja lebih keras untuk menyerap glukosa.

Ketika ginjal tidak bisa lagi menyeimbangkan glukosa, maka individu tersebut akan memproduksi urine lebih banyak dari biasanya sehingga menimbulkan rasa haus.

Namun itu bukan satu-satunya gejala diabetes, ada hal lain yang perlu diperhatikan.

3. Anemia

Penderita anemia berjuang untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat sehingga tubuh harus berjuang untuk mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya.

Kondisi pasien yang semakin parah akan meningkatkan rasa haus yang disertai gejala lain seperti tubuh lemas dan kelelahan.

Hilangnya sel darah merah lebih cepat akan membuat Anda merasa haus.



Read More : Selaput Dara, Antara Mitos dan Fakta, Berikut Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Tidak Ingin Terjerumus ke Dalam Fitnah

4. Diet rendah karbohidrat

Saat kita melakukan diet rendah karbohidrat seperti keto, biasanya praktisi akan merasa lebih haus dan itu merupakan efek samping yang umum.

Ini karena ketika karbohidrat berkurang secara signifikan, glikogen akan habis dan setiap gramnya mengandung tiga gram air.

Keadaan tersebut terjadi ketika metabolisme tubuh perlu membiasakan diri dengan perubahan elektrolit dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Banyak olahraga

Jika seseorang terlalu aktif berolahraga, maka tubuh membutuhkan lebih banyak air karena keluar melalui keringat.

Para ahli juga merekomendasikan minum air 15 menit sebelum berolahraga dan kemudian minum sekitar 230 ml air setiap 20 menit untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.





Loading...