Monday, 19 Apr 2021

Inggris Akan Menyebarkan Operator ke Kawasan Indo-Pasifik

news24xx


Foto : https://jakartaglobe.id/news/uk-to-deploy-carrier-to-indopacific-regionFoto : https://jakartaglobe.id/news/uk-to-deploy-carrier-to-indopacific-region

NEWS24.CO.ID - Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan mengerahkan sekelompok kapal perang dan kapal induk ke kawasan Indo-Pasifik, kata Menteri Luar Negeri Dominic Raab saat berkunjung ke Jakarta, Rabu.

Pengumuman itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah yang ditandai dengan klaim teritorial yang tumpang tindih dan peningkatan kehadiran militer China di Laut China Selatan. “Kami sedang mempersiapkan kunjungan Carrier Strike Group Inggris ke wilayah ini akhir tahun ini,” kata Raab dalam konferensi pers bersama dengan mitranya dari Indonesia Retno Marsudi.

Carrier Strike Group akan dipimpin oleh HMS Queen Elizabeth dalam kunjungan perdananya ke wilayah tersebut.


Read More : Beijing Memperingatkan Washington Untuk Tidak Mencoba Memboikot Olimpiade Musim Dingin 2022

Meskipun Indonesia tidak berada di tengah sengketa regional, Raab mengatakan negara terbesar di Asia Tenggara itu adalah salah satu mitra utama Inggris dalam kerja sama keamanan global.

“Baik Inggris dan Indonesia berada di belahan dunia yang berbeda - tetapi kami sama-sama kekuatan maritim dengan kepentingan maritim yang kuat dan yang lebih penting, minat yang kuat untuk memastikan bahwa sistem berbasis aturan, pilar, prinsip-prinsip ini tercermin dalam UNCLOS [Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut] ditegakkan - karena mereka adalah pilar penting kawasan, dan saya akan mengatakan juga stabilitas global, ”kata Raab.

Dia tidak menyebut China selama konferensi pers.

Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia sebagai Menteri Luar Negeri, Raab juga memberi pengarahan kepada Retno tentang pendekatan baru Inggris dalam keamanan dan kerja sama global, yang disebut Tinjauan Terpadu yang diterbitkan pada 16 Maret.



Read More : Inilah 20 Pemilik Tim Olahraga Tajir Teratas Dunia, Mukesh Ambani Berada di Urutan Terbatas Dengan Harta Rp 1.227 Triliun

“Ini mungkin artikulasi kebijakan luar negeri Inggris yang paling komprehensif selama satu generasi. Ini menetapkan visi kami untuk Inggris di dunia - dan menempatkan Indo-Pasifik di jantungnya, dan Indonesia di jantung visi itu, "kata Raab.

“Saya pikir itu hanya menunjukkan, tidak hanya pada masalah material spesifik yang kita diskusikan, tetapi juga sebenarnya pandangan strategis kita tentang dunia - betapa pentingnya Indonesia.”





Loading...