Monday, 19 Apr 2021

Mana yang Lebih Sehat, Margarin, Mentega, atau Mentega?

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID -  Meski memiliki kesamaan sifat, namun ternyata margarin dan mentega memiliki perbedaan. Tahukah Anda perbedaan antara margarin dan mentega?  

Bahan pembuatan
Mentega dalam istilah lain disebut mentega, sedangkan margarin berbeda. Mentega terbuat dari lemak susu sapi dan margarin terbuat dari lemak nabati yang biasanya diolah dari minyak sawit.


Read More : Vitamin Apa yang Anda Butuhkan Agar Tetap Fit Untuk Berpuasa? Berikut Daftarnya

Tekstur
Proses pembuatan margarin dihidrogenasi sehingga tekstur cairan minyak menjadi padat. Itu sebabnya margarin memiliki tekstur yang lebih keras dibanding butter atau butter. Dari proses pemadatan menggunakan gas hidrogen, daya emulsi juga lebih kuat.

Aroma
Dari segi aroma, mentega dan margarin memiliki perbedaan yang kuat. Mentega memiliki aroma yang kuat terutama saat digunakan untuk menumis atau bila adonan roti menggunakan mentega akan wangi. Nah, kebalikannya adalah aroma margarin yang tercium samar.

Waktu leleh
Perbedaan mentega dan margarin juga terlihat saat meleleh. Waktu leleh mentega lebih pendek karena teksturnya yang lebih lembut. Ini karena sebanyak 80 persen mentega mengandung lemak dari susu sapi. Sedangkan margarin membutuhkan waktu lebih lama untuk meleleh.



Read More : Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

Warna
Margarin warnanya lebih terang sedangkan butter atau butter warnanya lebih pucat. Terutama varian mentega tawar atau mentega yang tidak asin.

Mentega sendiri memiliki berbagai varian yang dibedakan berdasarkan fungsi dan teksturnya. Misalnya roombutter yang memiliki tekstur sangat lembut dan pada umumnya berfungsi sebagai campuran kue untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan penuh aroma.

Fungsi penggunaan
Berdasarkan fungsi penggunaannya, terdapat persamaan dan perbedaan antara mentega dan margarin. Selain itu, mentega dan margarin dapat digunakan untuk mengolah makanan panggang. Dapat juga digunakan untuk menumis bumbu dapur dan kebutuhan menumis lainnya.

Bedanya, margarin dan mentega membuat kue lebih lembut atau bahkan bisa tetap empuk selama beberapa hari ke depan.

Jadi mana yang lebih sehat, mentega atau margarin?

Dilansir dari Medical News Today, Rabu 31 Maret, sehat tidaknya tergantung dari jenis pola makan atau aturan pola makan seseorang. Meski dulu dicap tidak sehat pada mentega karena mengandung banyak lemak jenuhnya. Namun, fakta bahwa bahan-bahannya dibuat bukan berarti margarin lebih sehat. Karena margarin juga bisa memicu peningkatan LDL di dalam tubuh. Ini berarti tidak ada satu pun dari keduanya yang benar-benar sehat kecuali untuk digunakan dalam jumlah sedang atau tidak berlebihan.





Loading...