Monday, 19 Apr 2021

Kecanggihan Helikopter NASA yang Akan Terbang Di Mars

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID - Badan antariksa Amerika Serikat (AS) NASA akan menerbangkan helikopter mini pertamanya di Mars. Helikopter kecil bernama Mars Ingenuity dibawa dalam robot penjelajah Perseverance.

NASA berencana menerbangkan helikopter Mars Ingenuity pada 8 April.

Ini menandai pesawat pertama yang dioperasikan di planet lain.

Helikopter Mars Ingenuity ini telah disematkan ke bagian dalam Perseverance yang sedang melakukan penjelajahan di Planet Merah. Ketekunan akan menghilangkan penghalang yang menutupi Ingenuity dan saat ini penjelajah robot sedang menuju titik penerbangan helikopter yang dibawanya.


Read More : Luar Baisa, Toyota Innova Edisi 50 Tahun Habis Terjual Dalam Waktu 1 Jam

"Tahukah Anda bahwa inovator penerbangan NASA memiliki andil dalam penciptaan kendaraan terbang pertama di Mars? Helikopter Mars Ingenuity dikembangkan oleh @NASAJPL dengan kontribusi besar dari @NASAAmes dan @NASA_Langley. - NASA Aeronautics (@NASAaero) 23 Maret 2021.

Sebelumnya, NASA mengonfirmasi bahwa helikopter itu adalah percobaan dan tidak bisa berhasil. Mengoperasikan helikopter di Mars akan jauh lebih sulit daripada mengoperasikan helikopter di Bumi. Penyebabnya adalah perbedaan atmosfer, suhu, dan pasokan sinar matahari.

Ingenuity, yang dirancang oleh tim NASA, berukuran kecil, ringan, dan mampu menjaga sejumlah komponen penting tetap hangat dalam suhu yang sangat dingin. Helikopter mini telah diuji beberapa kali menggunakan simulasi di Laboratorium Propulsi Jet.

Meskipun demikian, tim desain merasa gugup dengan upaya mendatang untuk melakukan penerbangan Ingenuity di Mars bulan depan. Kepala perancang Helikopter Mars Ingenuity, Farah Alibay, memberikan penjelasan terkait helikopter mini tersebut.



Read More : Samsung Luncurkan Galaxy Quantum 2, Ponsel Anti-Hack Canggih

"Seperti helikopter, penyebaran jenis ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Begitu kami mulai menerapkannya, tidak ada jalan untuk mundur. Semua aktivitas terkoordinasi erat, tidak dapat diubah dan bergantung satu sama lain," kata Alibay.

"Bahkan jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, kami dapat memutuskan untuk menunda sol atau lebih sampai kami memiliki ide yang lebih baik tentang apa yang terjadi," tambahnya.





Loading...