Monday, 19 Apr 2021

Diet DASH: Diet Khusus Untuk Menurunkan Darah Tinggi

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID - Dietary Approaches to Stop Hypertension atau diet DASH adalah program yang mengatur pola makan untuk membantu mencapai dan menjaga berat badan yang sehat.

Selain menjaga berat badan, manfaat utama diet ini adalah mengontrol tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol.

Dilansir dari VOI, diet ini berfokus pada pengurangan kandungan asupan makanan yang dapat memicu hipertensi dan kolesterol, seperti natrium, lemak, dan kolesterol dengan cara meningkatkan asupan protein, serat, serta memastikan kecukupan kadar mineral dan vitamin.


Read More : Vitamin Apa yang Anda Butuhkan Agar Tetap Fit Untuk Berpuasa? Berikut Daftarnya

Anda akan memiliki pengaturan pola makan dan serangkaian aktivitas untuk membantu mengendalikan stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

National Institutes of Health (NIH) membuktikan dalam sebuah penelitian bahwa diet DASH terbukti efektif menurunkan tekanan darah, sama efektifnya dengan meminum obat dokter. Selain itu pediet juga bisa merasakan hasilnya dengan cepat. Rata-rata orang yang menjalani diet DASH dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu empat belas hari.

Memang angka penurunannya tidak terlalu fantastis. Namun, jika diet ini dilakukan secara teratur dapat mengurangi tekanan yang cukup besar. Selain menurunkan tekanan darah, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.



Read More : Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

Pada diet DASH, Anda hanya diperbolehkan makan sedikit porsi. Jumlah porsi yang dibutuhkan berbeda-beda, tergantung seberapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Selain itu, Anda juga wajib membatasi konsumsi garam tidak lebih dari 1 sendok teh per hari. Setelah tubuh terbiasa dengan program diet ini, Anda bisa mengurangi lagi asupan garam menjadi 2/3 sendok teh per hari.

Jumlah tersebut sudah termasuk semua asupan garam harian, baik itu yang berasal dari makanan kemasan, camilan, maupun masakan buatan sendiri. Sebelum membeli makanan kemasan, jangan lupa untuk membaca label makanannya terlebih dahulu. Perhatikan jumlah garam dalam makanan.

Perbanyak makan lebih banyak buah, sayur dan makanan sehat lainnya. Jangan lupa berolahraga secara rutin. Ini bukanlah diet tradisional yang bertujuan menghindari makanan tidak sehat. Diet ini lebih fokus pada penambahan makanan sehat yang bagus untuk mengontrol tekanan darah dan juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.





Loading...