Monday, 19 Apr 2021

Walikota Gibran Rakabuming Bahas Desain Masjid Agung Surakarta, Mampu Menampung 10 Ribu Jamaah Dengan 3 Kubah Mirip Masjid Agung Abu Dhabi

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI

NEWS24.CO.ID - Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengadakan pertemuan dengan perusahaan konsultan dan desain independen, PT Arkonin, yang merancang Masjid Agung Surakarta (Masjid Agung Surakarta). Bangunan masjid ini akan menyerupai Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Dilansir dari VOI, Gibran menyambut baik kedatangan utusan dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Ia berharap dengan dibangunnya masjid tersebut dapat mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab, khususnya Kota Surakarta.


Read More : Kartika Putri Sakit Hati Saat Richard Lee Tidak Hadiri Mediasi Ketiga

"Terima kasih sudah datang ke sini bapak-bapak dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Semoga masjid yang akan dibangun mempererat hubungan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab," ujar Gibran seperti dikutip situs surakarta.go.id , Jumat, 5 Maret.

Hadir dalam pertemuan tersebut 3 perwakilan dari Abu Dhabi (UEA) Mohamad Ali Rasid dan rekan-rekannya, Kepala Kementerian Agama Surakarta Hidayat Maskur, perwakilan Dubes RI untuk Uni Emirat Arab dan Thohir dari Esco Oil and Gas.

Sementara Nur, perwakilan dari PT Arkonin, mengatakan persiapan sudah dilakukan dengan land clearing untuk peletakan batu pertama berkapasitas 10.000 orang besok, Sabtu, 6 Maret mendatang.

“Masjid yang kami rancang agak miring ke arah kiblat. Ke timur akan ada boulevard. Di sisi depan kami buat air mancur yang dipadukan dengan pepohonan lokal Kota Solo. Tempat parkir ada di samping jadi tidak tidak mengganggu tampilan depan, jelasnya.

Masjid Agung Surakarta akan mampu menampung 10 ribu jemaah. Sedangkan masjid di Abu Dhabi mampu menampung 40 ribu jamaah. Meski demikian, masih ada 3 kubah utama seperti yang ada di Abu Dhabi.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga bisa digunakan untuk wisata religi. Bentuk masjid yang indah juga dilengkapi dengan penataan pencahayaan yang sangat menawan serta bahan yang berkualitas, diantaranya menggunakan kuningan dan tembaga berkualitas dari Jawa Tengah.



Read More : Hanya Dengan Rp 1,6 Juta, Anda Bisa Menjadi Pilot Garuda Indonesia

Diketahui, acara peletakan batu pertama tersebut akan dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mewakili Menko Luhut, Menteri Agama RI, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA, Gubernur Pusat. Jawa, Walikota dan Wakil Walikota, Sekretaris Daerah Surakarta dan perangkat daerah.

Sementara itu perwakilan Abu Dhabi mengapresiasi pelayanan yang diterima dan bersahabat dari Walikota Surakarta beserta warganya.

“Kami berharap ini bisa mempererat hubungan kedua negara. Terima kasih atas penghargaan dengan sambutan hangat pembangunan masjid dari kami. Kami berharap persahabatan kami semakin erat. Kami sangat senang bisa berwisata ke Solo” , dia berkata.

Di sisi lain, Walikota Gibran sangat mengapresiasi dukungan Abu Dhabi terhadap iklim keagamaan di Surakarta. “Terima kasih atas dukungannya dan selamat bersenang-senang di Solo”, ujar Walikota Gibran.





Loading...