Saturday, 20 Apr 2024

Kewajiban Shalat Ketika Ketiduran/Kesiangan, Ini Yang Diperintahkan

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sebagian umat berasumsi jika ketiduran atau kesiangan hingga lewat waktu shalat subuh maka tidak ada lagi kewajiban untuk sholat, misalnya telah lewat pukul 6 pagi untuk shalat Subuh, tentu ini sebuah kekeliruan yang fatal.

Seperti kita ketahui bersama, shalat adalah perintah langsung dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan suatu kewajiban yang mesti dikerjakan apapun keadaannya, baik dilihat dari keadaan sekitar/lingkungan, aman atau tidak aman dan keadaan diri seseorang, sakit atau sehat. Dikutip dari muslim.or.id.

Khusus untuk keadaan ketiduran atau kesiangan hingga lewat waktu shalat Subuh maka tetap dikerjakan di saat bangun atau terjaga. Entah itu ketinggalan sejam, dua jam atau lebih.

Dikutip dari rumayso.com, ada beberapa hadits menjelaskan perihal tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang lupa atau tertidur dari shalat, maka kafaroh (tebusannya) adalah dia shalat ketika dia ingat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Jika seseorang tertidur, itu bukanlah berarti lalai dari shalat. Yang disebut lalai adalah jika seseorang dalam keadaan sadar (sudah terbangun). Jika seseorang itu lupa atau tertidur, maka segeralah dia shalat ketika dia ingat. Karena Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Tunaikanlah shalat ketika seseorang itu ingat.” (QS. Thaha : 14).” (HR. Muslim)

Imam Nawawi mengatakan bahwa kewajiban orang yang lupa saat itu adalah mengerjakan shalat semisal yang ia tinggalkan dan tidak ada kewajiban tambahan selain itu. Bukan hanya ketiduran saja, lupa juga termasuk. Misalnya, karena kesibukan seseorang hingga dia lupa shalat magrib nanti di ingat ketika shalat Isya. Maka wajib disaat itu dia mengqadho shalat magrib.

Yang harus diperhatikan, jangan karena boleh shalat karena ketiduran/kesiangan hingga kita sengaja dan menjadikannya suatu kebiasaan. Menunda dengan sengaja higga lewat waktu sholat adalah dosa besar.

Semoga Allah menjadikan kita semua hamba2Nya yang selalu shalat tepat waktu.

Wallahu a'lam





Loading...