Saturday, 20 Apr 2024

HIMABIO FMIPA UNRI Gelar Acara LTB ke-X, Bangun Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Baru

news24xx


Kegiatan Leader Training of Biology (LTB) ke-X mahasiswa Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau, Kota Pekanbaru (28/1/2021). /Dok HIMABIO FMIPA UNRI.Kegiatan Leader Training of Biology (LTB) ke-X mahasiswa Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau, Kota Pekanbaru (28/1/2021). /Dok HIMABIO FMIPA UNRI.
https://swastikaadvertising.com/

Kegiatan pengkaderan ini biasanya dilakukan secara tatap muka kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda demi terlaksananya tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk membangun karakter dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan mahasiswa baru.

 

NEWS24.CO.ID - Pekanbaru - Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau menggelar kegiatan Leader Training of Biology (LTB) ke-X. Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari pada Kamis (28/1/2021) ini dilakukan secara daring dan semi offline di ruang Dekanat dan ruang kelas terdekat di Fakultas MIPA Universitas Riau dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan LTB X ini merupakan kegiatan pelatihan leadership untuk mahasiswa baru seperti pengenalan teknik sidang serta pentingnya administrasi, yang ditaja oleh Dinas Kaderisasi HIMABIO FMIPA UNRI dengan mengangkat tema "Smart Leader Smart Generation."

Inti kegiatan ini adalah mengingat pentingnya menumbuhkan jiwa leadership mahasiswa baru, khususnya mahasiswa baru Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau. 

Panitia pelaksana sendiri telah menyiapkan rancangan kegiatan semenarik mungkin yang mana dilengkapi dengan seminar kepemimpinan, seminar keadministrasian, travo, serta pelatihan dan simulasi sidang yang diharapkan dapat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa baru yang akan menjadi seorang pemimpin.

Dalam sambutannya, Leader Training of Biology (LTB) X, Dr.Rr.Sri Catur Setyawatiningsih, M.Si menjelaskan tentang segala hal kepemimpinan dan tentang masa depan. 

“Dengan mengikuti LTB ini kalian akan mendapatkan banyak hal, jika kemarin tentang kerjasama maka ilmu yang akan kalian dapatkan sekarang ialah tentang kepemimpinan. Kedua hal ini akan dibutuhkan oleh kalian di masa yang akan datang. Jadi ikutilah dengan baik karena dari kegiatan inilah kalian akan mendapatkan banyak ilmu tentang kepemimpinan” ucap Dr.Rr.Sri Catur Setyawatiningsih, M.Si dalam kata sambutannya sekaligus pembuka acara Leader Training of Biology (LTB) X, (28/1).

Dalam kesempatan yang sama, bupati mahasiswa HIMABIO FMIPA UNRI, Muhammad Albirr menyebutkan, “Dalam rangkaian acara TO 1 yang sebelumnya sudah dilaksanakan, adik-adik semua sudah mendapatkan poin yang namanya kekeluargaan, kerjasama, dan team work. Jadi dalam melancarkan team work tersebutlah dibutuhkan seorang pemimpin dan di sinilah kita akan mendapatkan ilmu yang wajib dan sewajarnya mahasiswa ketahui”.

Selain itu, ditambahkan Ketua Pelaksana Leader Training of Biology (LTB) X Jurusan Biologi Universitas Riau, Ilmi, berharap kegiatan ini akan banyak yang didapat para peserta ilmu tentang kepemimpinan (leadership), keadministrasian, teknik sidang, dan training advokasi.

Ilmi juga berpesan agar seluruh peserta dapat memperhatikan pemateri dan mendengar materi yang disampaikan, karena jika ingin menjadi pembicara yang besar maka jadilah pendengar yang baik.

Pada kegiatan ini mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan dengan pemateri-pemateri yang sudah kompoten dibidangnya masing-masing, tapi juga diajarkan bagaimana cara menjadi seorang pemimpin, keadministrasian dalam sebuah organisasi, cara orasi yang baik dan benar, serta teknik persidangan yang akan berguna ketika terjun kedunia organisasi baik tingkat jurusan, fakultas, maupun Universitas. 

Dan bahkan dalam kegiatan LTB X ini ditanamkan pula bagaimana sikap untuk menghargai seseorang dan menjadi pendengar yang baik. /Rls





Loading...