Monday, 20 Sep 2021

Tempat-tempat Misteri di Gunung Merapi Yang Saat Ini Berstatus Siaga

news24xx


Batu alien dan bunker Kaliadem di gunung Merapi.Batu alien dan bunker Kaliadem di gunung Merapi.
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini memang sangat terkenal lantaran cukup aktif dalam hal erupsi. Dan saat ini BMKG menyatakan status Siaga III untuk gunung ini.

Lebih dari itu, gunung ini ternyata lekat dengan sakral. Dipercaya atau tidak, banyak kisah mistis yang dialami para pendaki.

Beberapa pendaki bahkan menyebut Gunung Merapi sebagai salah satu pusat kerajaan jin di Indonesia. 

Dan disebutkan, ada beberapa tempat di area gunung yang dianggap angker, mulai dari lereng hingga kawah di puncaknya. 

Di area gunung ini terdapat satu bunker yang berada di Kaliadem. Banyak yang bilang, sering terdengar suara orang menangis dari dalam bunker saat sore hari.

Letusan dahsyat pada tahun 2010 lalu, menyisakan pasir-pasir yang menutupi area ini. Permukaan tanah yang tandus akan tampak terlihat sebuah bunker yang konon digunakan sebagai tempat perlindungan dari bahaya lahar panas.

Pengakuan para pendaki, menyebutkan bunker ini memiliki tangga menurun ke arah pintu. Situasi di dalam bunker yang memang gelap. Setelah pintu besi bunker yang berat didorong, terlihat satu ruangan lapang seukuran ruang kelas di dalam bunker. Bentuk ruangannya setengah lingkaran, dengan bekas lahar panas yang telah membatu di tengah bunker. 

Suasana dalam bunker Kaliadem memang gelap dan saat akan keluar, diceritakan pendaki pernah mendengar suara rintihan orang.

Di kawasan gunung, juga ada daerah yang dikenal dengan Pasar Bubrah. Di area ini harus dijaga perkataan dan perilaku jika tidak ingin hilang diculik.

Banyak orang meyakini lokasi itu sebagai pasar besar Keraton Merapi, dan pada batu besar yang berserakan di daerah itu dianggap sebagai warung dan meja kursi milih roh dan makhluk halus. 

Tempat misteri yang angker lainnya terdapat di hutan Patuk Alap-Alap. Tempat ini dipercaya digunakan sebagai penggembalaan ternak milik Keraton Merapi. 

Ada lagi Hutan Gamelan dan Bingungan, serta Hutan Pijen dan Blumbang. Katanya, beberapa jenis binatang keramat tinggal di hutan sekeliling gunung Merapi. Disebutkan ada harimau yang tinggal di hutan Blumbang ini. Sedangkan Patuk Alap-Alap merupakan tempat kuda-kuda berkeliaran.

Ada lagi penampakan sebuah batu dengan ukuran besar yang disebut mirip alien. Batu yang menyerupai wajah manusia ini menimbulkan misteri tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang menengok Merapi. 

Batu ini muncul setelah erupsi Merapi tahun 2010 yang memang itulah letusan terdahsyat yang pernah ada. Batu-batu sebesar rumah lompat dari kawah merapi menerjang pemukiman penduduk, dan batu ini salah satunya.

Dipercaya masyarakat, seluruh area di gunung Merapi adalah angker. Mulai dari hutan, bukit, goa, telaga, dan batu semuanya disebut angker oleh masyarakat. Dan jika mengunjungi atau mendaki ke gunung Merapi, diharapkan hati-hati dan tidak takabur. []

 





Loading...