Sunday, 07 Mar 2021

Komite Nasional KIPI Akui Penerima Akan Merasakan Efek Samping Pasca Vaksinasi

news24xx


Pemberian vaksin kepada peserta tenaga kesehatan. /IstPemberian vaksin kepada peserta tenaga kesehatan. /Ist

NEWS24.CO.ID - Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) telah mendengar dan menerima sejumlah laporan efek samping ringan yang didapat penerima setelah divaksin Sinovac. Menurut pakar masyarakat tak perlu khawatir karena itu masih wajar.

Adapun efek samping yang dilaporkan sejumlah penerima vaksin yang dirasakan bagi tubuh adalah keram, pegal-pegal, demam, nyeri, lemas, merasa lapar, hingga ngantuk.

KIPI berharap masyarakat tidak ragu dengan efek samping yang ringan pasca vaksinasi ini. 

Ketua Komnas KIPI, Prof Hindra Irawan Satari mengatakan dari laporan yang diterima pihaknya, efek yang dirasakan penerima vaksin Covid-19 jenis Sinovac cenderung ringan. Dan ini sesuai dengan penelitian yang diterbitkan jurnal-jurnal ilmiah.

"Dari laporan KIPI, semua bersifat ringan dan sesuai dengan yang dilaporkan jurnal-jurnal, dan di tempat lain, semua kondisinya sehat. Jadi, tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini," terang dia sebagaimana dalam rilis tertulisnya. 


Hal tersebut juga dibenarkan oleh dr Muhammad Fajri Adda’I, selaku dokter dan tim penanganan Covid-19 yang telah menerima vaksinasi dosis pertama. 

Ia mengatakan dirinya tidak merasakan efek yang aneh setelah vaksinasi Covid-19. "Biasa saja, saya merasakan biasa saja," kata dia.

Efek setelah vaksinasi Covid-19 menurut Fajri bisa berbeda-beda pada tiap orang. Dan gejala yang ditimbulkan itu termasuk wajar sebagai suatu reaksi dalam pembentukan imunitas dalam tubuh. 

Reaksi alergi relatif kecil, di bawah satu persen, kecil sekali bila dibandingkan dengan yang tidak terkena KIPI. 

Informasi lainnya, dari pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono, dalam informasi yang disampaikannya menyebutkan sudah dilaporkan pada uji klinis fase 3 dan 2. Terjadi pada uji klinis fase 2 dan 3, yakni penerima vaksin akan merasakan gejala ringan.

Tri Yunis menyebutkan bahwa efek samping dari vaksinasi Covid-19 memang akan dialami tetapi tidak pada semua orang. []

 





Loading...