Monday, 08 Mar 2021

Hampir Setahun, Tol Pekanbaru - Bangkinang Sudah Capai 56 Persen

news24xx


Ruas tol Pekanbaru - Bangkinang.Ruas tol Pekanbaru - Bangkinang.

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Pembangunan Seksi VI ruas jalan tol yang menghubungkan kota Pekanbaru - Bangkinang sejauh 38 kilometer ini telah mendapatkan hasil yang cukup progresif.

Pada Februari 2020 lalu merupakan groundbreaking (peletakan batu pertama) jalan tol Pekanbaru - Bangkinang. Dan telah hampir setahun, pembangunan jalan tol ini disebutkan PT Hutama Karya (Persero) telah mencapai 65 persen konstruksinya. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan, pihaknya optimis dapat mencapai target menyelesaikan proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang di tahun 2021.

"Pembangunan konstruksi pada Tol Pekanbaru-Bangkinang cukup progresif. Hingga saat ini, progres konstruksinya sudah mencapai 56 persen," kata Fauzan, Sabtu (23/1).

"Jika terhubung secara keseluruhan, ruas Tol Pekanbaru-Padang yang terbentang sepanjang 254 Km dinilai akan berdampak besar pada kemajuan ilmu infrastruktur di Indonesia," tukasnya.

Sedangkan untuk proses pembebasan lahan yakni kegiatan pemberian Uang Ganti Kerugian (UGK) bagi masyarakat, disebutkan Fauzan, hingga saat ini masih terus berjalan dengan metode pembayaran langsung melalui LMAN oleh Kementerian PUPR.

Tol yang memiliki main road sepanjang 40 kilometer dengan kecepatan pada ruas tol ini direncanakan 80 km/jam, akan membantu menyambungkan jalur darat dari Pekanbaru - Bangkinang ataupun sebaliknya dengan waktu tempuh yang lebih cepat. 

Jarak dari Pekanbaru – Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit. 

Ia menjelaskan, jika Tol Pekanbaru – Bangkinang ini sudah dapat digunakan, masyarakat akan dapat mempersingkat jarak tempuh dari Pekanbaru ke Bangkinang hanya dalam waktu 30-45 menit. Dan tergetnya, jalan tol seksi VI ini direncanakan akan beroperasi pada akhir tahun 2021 ini. 

Untuk diketahui Tol Pekanbaru-Bangkinang dirancang untuk memiliki 6 jembatan dan 2 rest area. Sejumlah pekerjaan fisik yang telah dilakukan yakni pekerjaan main road, overpass, box traffic, dan box drain. Tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) JTTS, yakni ruas Pekanbaru - Padang sepanjang 254 kilometer. []

 





Loading...