Wednesday, 24 Apr 2024

Cara Memindahkan Chat Grup WhatsApp ke Aplikasi Signal

news24xx


Tampilan aplikasi Signal.Tampilan aplikasi Signal.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kebijakan baru yang disampaikan WhatsApp membuat banyak pengguna yang kecewa. Dan akibatnya, banyak pengguna yang hijrah ke aplikasi Signal untuk berkomunikasi. Selain itu aplikasi Telegram juga banyak didownload pengguna untuk dapat mudah berkomunikasi.

Pengguna WhatsApp tak perlu khawatir harus meninggalkan grup yang sudah eksis di WhatsApp. Ada mekanisme untuk memindahkan grup yang sudah ada di WhatsApp menuju platform Signal.

Mengutip BGR, Jum'at (15/1/2020) perpindahan grup chatting dari WhatsApp ke Signal membutuhkan beberapa langkah.

Adapun cara memindahkan grup chat WhatsApp ke Signal adalah sebagai berikut:

1. Install dan buat akun Signal di smartphone
Pertama, tentu saja pengguna harus mengunduh dan menginstall aplikasi Signal di smartphone. Langkah berikutnya buat akun di aplikasi Signal dengan proses yang kurang lebih sama dengan registrasi WhatsApp menggunakan nomor telepon seluler dan nomor OTP.

2. Buat grup chat di Signal
Setelah memiliki akun, pengguna bisa langsung membuat grup chatting. Caranya, klik ikon tiga titik vertikal di sisi kanan atas layar pada aplikasi Signal lalu pilih opsi 'New Group'. Lanjutkan dengan memilih kontak yang ingin dimasukkan ke grup. Jika kontak sudah dipilih, klik ikon tanda panah. Langkah selanjutnya buat nama grup dan masukan foto profil grup, lalu klik tombol 'create'.

3. Undang anggota grup untuk hijrah bersama
Untuk membawa member grup WhatsApp ke grup baru, pilih ikon tiga titik vertikal di kolom chat grup Signal, pilih 'Group Setting' dan aktifkan opsi 'Group Link'. Setelah itu, pengguna tinggal membagikan tautan grup chat Signal ke para member di grup WhatsApp.

Tautan tersebut akan mengarahkan pengguna Signal menuju grup chat dan mereka tinggal menekan tombol 'Join Group' jika bersedia masuk ke grup baru. Tapi, apabila orang yang mendapatkan tautan grup belum memiliki akun Signal, maka dia harus mengunduh dan registrasi terlebih dahulu.

Dan sebagai catatan, cara yang dijelaskan di tersebut hanya untuk memindahkan atau membuat baru grup WhatsApp di aplikasi Signal. Saat ini belum ada opsi untuk memindahkan chat di dalam grup WhatsApp tersebut ke grup baru di Signal. []

 





Loading...