Saturday, 16 Jan 2021

Dipasang Pembatas Kaca, Pengunjung Bisa Selfie Lebih Dekat Bersama Harimau di TMBSK, dan Ada Juga Zona Reptil

news24xx


Dok Instagram.Dok Instagram.

NEWS24.CO.ID, Bukittinggi - Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi kini telah selesai lakukan renovasi sejumlah tempatnya. Renovasi ini diklaim dapat memberi kepuasan bagi pengunjung yang bukan hanya sekedar melihat berbagai satwa. 

Setelah melakukan renovasi kandang satwa, kini pengunjung bisa secara langsung berselfie dan bercengkrama dengan satwa di kebun binatang tersebut.

Disebutkan Kabid TMSBK Bukittinggi, Ikbal, pengunjung bisa bercengkrama langsung dengan satwa unggas yang dilepas bebas di kandang aviary yang menyerupai habitat alam bebasnya.

Bukan hanya itu saja, inovasi baru di TMBSK, pengunjung berfoto selfie lebih dekat dengan satwa Harimau melalui pembatas kaca.

Ikbal menuturkan, bahwa dengan kandang baru harimau ini setidaknya pengunjung bisa melihat satwa harimau secara dekat.

"Jadi, ada pembatas kaca yang berlapis, sehingga pengunjung tidak jauh lagi melihat satwa harimau, tidak perlu takut untuk diterkam. Kaca pembatas ini juga kedap suara sehingga suara pengunjung tidak akan terdengar oleh harimau," jelasnya, Rabu (13/1/2021).

"Jadi, ketika harimau mendekat ke kaca pengunjung bisa langsung berfoto sehingga hasil foto terlihat seperti harimau mencium," sebut dia.

Ikbal menjelaskan juga, saat ini di TMSBK Bukittinggi ada 8 satwa harimau yang akan dipindahkan ke kandang barunya, namun baru 3 satwa yang dilepas di kandang barunya untuk membiasakan di kandang baru.

"Saat ini harimau yang diajak selfie itu si Boncel, karena ia cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya," kata dia.

"Kandang tersebut memiliki dinding kaca setebal 26 mm untuk keamanan dan antisipasi gempa," imbuhnya. 

Bukan hanya itu saja, sejumlah inovasi lainnya juga hadir di TMSBK, seperti zona reptil dan ruang Exhibit Harimau Sumatera.

"Untuk zona reptil diharapkan menjadi sumber kepuasan baru bagi pengunjung, begitupun Ruang Exhibit Harimau Sumatera ini. Pembangunan dua area ini telah memprioritaskan prinsip kesejahteraan satwa," kata dia.

Zona reptil itu terdiri dari area indoor dan outdoor. Area indoor memiliki 23 ruang kaca yang diisi 13 jenis ular dan 10 jenis kadal. Sedangkan area ourdoor ditempati 9 ekor kura-kura Emys (Kaki Gajah) dan sepasang buaya muara Porosos serta biawak Salvator Sumatera.

Peresmian ini dilakukan langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias saat meresmikan area tersebut pada Rabu (13/1/2021). Juga turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Supadria dan unsur Forkopimda Kota Bukittinggi.

Supadria mengatakan, kandang baru untuk harimau itu diharapkan bisa membantu konservasi mengingat jenis hewat tersebut yang semakin langka.

"Sesuai dengan fungsi konservasi untuk menjaga dengan baik satwa yang sudah semakin langka, khususnya harimau Sumatera. Dengan diresmikan hari ini, maka dibuka untuk dikunjungi pengunjung," pungkasnya.

Lebih lanjut, ia disebutkannya, TMSBK di Bukittinggi ini juga dapat sebagai wahana edukasi bagi anak-anak mengetahui berbagai jenis satwa. []

 





Loading...