Sunday, 24 Jan 2021

Terlihat Hanya Gunakan Mobil Biasa Distribusi Vaksin ke Daerah di Pekanbaru dan Riau

news24xx


Distribusi vaksin dari gudang vaksin Dinkes provinsi Riau. /istDistribusi vaksin dari gudang vaksin Dinkes provinsi Riau. /ist

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Dinas kesehatan provinsi Riau telah mendistribusikan vaksin Covid-19 ke kabupaten dan kota di provinsi Riau untuk tahap pertama yang telah tiba disimpan di gudang vaksin UPT Instalasi Farmasi dan Logistik Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Riau, Jalan Kesehatan, Pekanbaru, Riau, Selasa (5/1/2021) lalu. Dan sejak Selasa (12/1/2021) telah mulai didistribusikan ke daerah di Riau.

Ada total sebanyak 15.240 dosis vaksin didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang dikawal ketat oleh pihak Kepolisian dengan bersenjata lengkap.

"Distribusi vaksin sudah dilakukan mulai pada hari kemarin. Dan untuk kota Pekanbaru mendapatkan jatah 11.040 dosis, Kabupaten Kampar mendapatkan 2.400 dosis dan Kabupaten Pelalawan Mendapatkan 1.800 dosis," sebut Kadinkes Prov Riau Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM, Rabu (13/1/2021).

"Pendistribusian dilakukan dari UPT Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan (IFLK) Dinkes Prov Riau menuju masing-masing IFK Dinkes Kab/Kota tersebut," lanjut dia.

Kemudian, dikatakannya, distribusi vaksin juga dilanjutkan pada hari ini, Rabu (13/1/2021).

Untuk proses vaksinasi di Riau akan dimulai pada esok hari, Kamis (14/1/2021) dan ada 10 orang tokoh publik yang akan menerimanya. Kemudian juga kepala daerah di tiap kabupaten/kota. Dan selanjutnya adalah tenaga-tenaga kesehatan. 

Vaksin ini dikirim dari Kemenkes RI melalui PT Bio Farma di Bandung sebanyak 11 Colli atau 20.000 vaksin Covid-19 tiba di provinsi Riau. Pengiriman melalui jalur darat itu memakan waktu dua hari (3-5 Januari) dan mendapat pengawalan ketat melibatkan pihak kepolisian. 

Kendaraan pengangkut langsung berhenti didepan Gudang Vaksin di UPT Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan Dinas Kesehatan Riau. Terlihat kendaraan box pengangkut tertutup rapi dan suhu udara yang stabil. 

Vaksin itu dikemas di dalam kotak kardus berwarna putih, satu persatu kardus tersebut diturunkan dan diletakkan kedalam ruangan khusus yang sudah disediakan sebelumnya. Dalam ruangan vaksin tidak dibuka dan suhu udara juga dijaga kestabilannya, dan suhu udara ruangan adalah -15 °Celcius. 

Akan tetapi, ada yang aneh terlihat pada hari kemarin. Terlihat dalam distribusi dari gudang vaksin, ada box vaksin yang diangkut oleh satu mobil Toyota Hilux berplat nopol BM 8372 TP. Dan terkait suhu udara dalam pendistribusian itu tidak diketahui dan akan didistribusikan kemana. []

 





Loading...