Sunday, 24 Jan 2021

Kongres Sahkan Joe Biden Sebagai Presiden Amerika Serikat

news24xx


Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden.Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden.

NEWS24.CO.ID - Kongres resmi menetapkan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat pada Kamis dini hari (7/1/2021). Sehari sebelumnya pendukung Donald Trump menyerbu Gedung Capitol karena terprovokasi narasi "pilpres curang" yang disuarakan Trump. 

Atas kekalahannya itu, para pendukung Trump tidak terima dengan putusan kongres AS sehingga melaksanakan demo di Capitol Hill pada Kamis, 7 Januari 2021. 

Banyak gerombolan dari pendukung Trump menerobos barikade polisi, memecahkan jendela dan merusak jalan mereka dengan tiang logam melewati pintu masuk ke Capitol.

Dua kamar Kongres (DPR dan Senat) menolak tuntutan Republikan menganulir kemenangan Demokrat di Arizona dan Pennsylvania. 

Salam pemungutan suara Electoral College, Calon Presiden AS Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris meraup 306 suara, atau 36 suara di atas suara yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilu. Sedangkan Trump mendapatkan 232 suara.

Disahkannya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat, hal itu disampaikan Wapres Mike Pence yang telah membacakan rekapitulasi suara pada pukul 03.40 dini hari waktu setempat. Dan usai dibacakan itu langsung disambut dengan tepuk tangan oleh anggota Kongres. Sedangkan pemungutan suara Electoral College hanyalah formalitas yang dilakukan Kongres sesuai dengan konstitusi. []

 





Loading...