Saturday, 27 Apr 2024

Ini Tiga Tips Mengurangi Kolesterol Jahat dalam Tubuh

news24xx


Ilustrasi makanan yang mengundang selera. Ilustrasi makanan yang mengundang selera.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Tahun baru 2021 ini harus diawali dengan target baru untuk memperbaiki diri, termasuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Salah satu yang diharapkan banyak orang yakni mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh yang bisa menyebabkan beragam penyakit muncul.

Salah satu penyakit yang bisa muncul akibat kolesterol jahat ini yaitu diabetes. Kolesterol jahat yang tinggi dan tidak terkendali di dalam tubuh bisa akibat penyakit gula ini.

Memang, kolesterol tak selamanya buruk. Ada dua jenis kolesterol, yakni LDL dan HDL. Kolesterol baik atau HDL membawa jenis kolesterol lain ke liver di mana ia akan segera dikeluarkan melalui aliran darah sebelum nutrisi masuk dan diserap arteri.

Seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Minggu 3 Januari 2021,  Sementara LDL yaitu kolesterol yang buruk di mana mengangkut kolesterol lain ke arteri di mana ia mungkin menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan arteri menjadi kaku dan sempit.

Tapi jangan khawatir, secara natural kolesterol bisa diatur melalui pola makan.

Mengutip detik.com berikut tiga cara mudah untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam darah:

1. Menghindari Makanan Cepat Saji
Untuk mengurangi jumlah kolesterol LDL lewat pola makan, pertama-tama harus mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Memangkas konsumsi lemak jenuh bisa dilakukan dengan cara mengurangi makanan cepat saji, makanan manis atau mengganti penggunaan bahan makanan yang tinggi lemak. Lemak jenuh dan lemak trans biasanya terdapat pada kue kering, pastry, mentega, krim, makanan cepat saji, es krim, dan berbagai makanan sejenis.

 

2. Lebih Banyak Bergerak
Saat tubuh bergerak, lemak akan terbakar karena adanya aktivitas tubuh. Lemak yang terbakar ini termasuk di dalamnya lemak tak jenuh berlebih yang masuk melalui makanan.

Sedikit berolahraga bisa sangat membantu. Berolahraga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan mengurangi kolesterol buruk. Cukup 30-60 menit dalam sehari sudah cukup untuk membantu mengurangi kadar kolesterol buruk dalam darah.

 

3. Konsumsi Buah, Sayur dan Makanan Rendah Garam
Makan buah-buahan dan sayuran sama baiknya dengan mengonsumsi minyak ikan yang membantu meningkatkan HDL dan menjaga jumlah kadar kolesterol masih pada batas aman.

Selain itu, memilih makanan segar dibanding makanan olahan akan jauh lebih baik untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Sebisa mungkin pilih makanan berbahan nabati dan rendah garam.

N24. 





Loading...