Wednesday, 18 May 2022

Virus Varian Baru Menyebar, Dinkes Kampar Minta Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

news24xx


Kepala Dinas Kesehatan Kampar H. Dedy Sambudi, S.KM, M.Kes.Kepala Dinas Kesehatan Kampar H. Dedy Sambudi, S.KM, M.Kes.
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, Bangkinang - Virus varian baru dari mutasi Covid-19 ditemukan dan dinamai dengan SARS-CoV-2. Virus ini awalnya disebutkan mulai dari Inggris dan menyebar ke sejumlah negara lainnya, termasuk ke negara di Asia. 

Mutasi virus covid-19 berkode B117 ini belum diketahui apakah sudah masuk Indonesia atau belum. Karena pada negara tetangga, virus ini sudah ditemukan yang dibawa orang dari Inggris. 

Dan menghentikan penyebaran virus masuk ke Indonesia, Pemerintah Indonesia telah memutuskan menutup akses masuk bagi warga negara asing (WNA) mulai tanggal 1 sampai 14 Januari 2021. ⁠

WNA yang tiba di Indonesia pada hari ini sampai tanggal 31 Desember 2020 diberlakukan aturan sesuai ketentuan untuk menunjukkan hasil negatif melalui test PCR di negara asal yang berlaku maksimal 2 kali 24 jam sebelum jam keberangkatan.⁠

Terkait kabar virus jenis baru ini, Pemerintah kabupaten Kampar, melalui Dinas Kesehatan Kampar, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan para tenaga kesehatan. Hal ini akibat ditemukannya penyebaran mutasi virus terbaru tersebut. 

Bahkan, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kampar H. Dedy Sambudi, S.KM, M.Kes, mengatakan, mutasi virus covid-19 terbaru ini diketahui dari para peneliti lebih menular dari yang biasanya.

"Berdasarkan penelitian para ahli, varian covid-19 yang berkode B117 ini lebih menular dari yang sebelumnya. Kita sebelum munculnya virus covid-19, di Kampar sendiri sudah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dan selalu siap siaga menangani covid-19," ucap Dedy, dalam informasi yang diterima pada Rabu (30/12/2020).

Dedy menjelaskan, berhubung mutasi covid-19 ini yang lebih menular, ia meminta masyarakat tanpa terkecuali untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kita minta masyarakat untuk lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan selalu menjaga jarak," ujarnya.

Dedy menyebut, Pemerintah Kabupaten Kampar dibawah pimpinan Bupati Catur Sugeng Susanto sangat fokus dan serius menangani virus covid-19.

"Satgas covid-19 Kampar terus berupaya memutuskan mata penularan virus ini. Dibanding daerah lain, kita salah satu daerah yang paling siap menangani virus covid-19. Buktinya, kita memiliki beberapa tempat rumah sakit darurat untuk isolasi pasien terkonfirmasi positif," sebut Dedy.

Dan dalam menghadapi libur panjang pergantian tahun 2021 ini, Dedy juga mengimbau agar masyarakat yang berlibur tidak melakukan perjalanan ke daerah yang tinggi tingkat kasus Covid-19. Dan meminta agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.  

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat mengecek kesehatannya, Dinkes Kampar juga telah mendirikan beberapa posko dan menyiapkan para tenaga medis. []





Loading...