Wednesday, 24 Apr 2024

Sang Legenda Timnas Argentina Tutup Usia, Ini Sejarah Singkatnya

news24xx


Diego Maradona.Diego Maradona.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, Buenos Aires - Diego Maradona tutup usia karena serangan jantung, Rabu (25/11/2020). Maradona meninggal di usia 60 tahun.

Media Argentina Clarin dan Ole melaporkan kabar duka ini. 
Maradona sedang berada di Tigre saat kejadian. Duka cita menyelimuti dunia sepak bola. 

Legenda Argentina, Diego Armando Maradona, meninggal dunia pada Rabu, 25 November, waktu setempat akibat serangan jantung. Kondisi kesehatan Maradona memang sedang menurun.

Pelatih Gimnasia La Plata tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit pada 3 November, tiga hari setelah ulang tahunnya yang ke-60, dan menjalani operasi otak setelah ditemukan gumpalan darah. 

Maradona akhirnya keluar dari rumah sakit pada 12 November setelah operasinya berjalan sukses. Tapi pencetak gol tangan Tuhan itu akhirnya harus menghembuskan nafats terakhirnya akibat serangan jantung.

Maradona dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Capaian terbesarnya adalah membawa Argentina jadi juara Piala Dunia 1986.

Sempat gagal di Barcelona, Maradona juga besar bersama Boca Juniors dan Napoli. Dia menjadi legenda di kedua klub tersebut.

Piala Dunia 1986 jadi panggung utama Maradona untuk unjuk gigi. Penampilannya membawa Argentina merebut gelar kedua sepanjang sejarah.

Prestasi itu dicapai melalui penampilan fenomenal melawan Inggris di perempat final. Maradona mencetak salah satu gol terbaik di Piala Dunia dengan melewati banyak pemain lawan.

Namun, laga itu juga dikenang karena kelicikan Maradona. Pada era sebelum ada video assistant referee, dia menjebol gawang Peter Shilton menggunakan tangan tanpa terdeteksi wasit. Dan itu dikenal dengan nama 'tangan tuhan'. Torehannya membantu Argentina menang 2-1.

Maradona lahir di Lanus pada 30 Oktober 1960. Dia menjalani debut profesional bersama Argentinos Juniors pada 20 Oktober 1976, hanya 10 hari sebelum genap berusia 16 tahun.

Penampilan cemerlang membawanya ke Boca Juniors, Barcelona, Napoli, Sevilla, dan Newell's Old Boys. Maradona lalu kembali ke Boca Juniors sebelum gantung sepatu pada 1997. Di level klub, dia total bermain 589 kali dan mencetak 307 gol. Sedangkan di panggung internasional, Maradona memperkuat Argentina di 91 laga dan membuat 34 gol. []

 





Loading...