Tuesday, 23 Apr 2024

Sedang Stres, Coba Konsumsi Makanan Ini

news24xx


Foto: InternetFoto: Internet
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Makanan dapat memengaruhi cara berpikir dan perasaan seseorang. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Eva Maria Christine, M. Gizi, Sp.GK. 

Beberapa makanan bisa membuat seseorang Iebih mudah marah. Namun, banyak pula makanan yang dapat membuat perasaan marah seseorang menjadi Iebih terkontrol. 

Dokter Eva mengatakan ada beberapa makanan yang baik untuk stres. Hal ini karena kandungannya yang dapat meningkatkan hormon kebahagiaan atau pemberi perasaan nyaman dan senang, yaitu serotonin. Apa saja makanan yang baik untuk stres? lni ulasannya. 


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

1. Roti Gandum 

Menurut dr. Eva, roti gandum mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk kesehatan mental. 

"Roti gandum mengandung flavonoid. Dapat meningkatkan hormon serotonin dan melatonin," kata dr. Eva dalam webinar baru-baru ini. 

2. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan, terutama kacang almond juga dapat memberikan perasaan bahagia pada seseorang. Namun dr. Eva mengingatkan agar mengonsumsi kacang almond yang direbus, bukan digoreng. Sebab menggoreng makanan dapat merusak vitamin yang terkandung di dalamnya. 



Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

3. Teh Chamomile 

Minuman teh chamomile mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat memberikan efek relaksasi. Karena itu, minuman ini baik untuk kamu yang sedang stres atau panik. 

4. Dark Chocolate 

Dark chocolate atau cokelat hitam juga disebut paling tinggi mengandung hormon serotonin. 

"Penelitian membuktikan kalau depresi makan cokelat selama dua bulan, keinginan untuk suicidenya menurun. Karena biasanya kalau depresi kelamaan bisa menimbulkan keinginan suicide (bunuh diri)," pungkas dr. Eva. 





Loading...