Friday, 19 Apr 2024

Menteri LHK Resmikan KBD dan Serahkan Bantuan Truk dan Motor Pengangkut

news24xx


Menteri LHK Siti Nurbaya.Menteri LHK Siti Nurbaya.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, Kampar - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar meresmikan Kebun Bibit Desa (KBD) di Desa Muktisari, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar pada Jumat, 13 November 2020 kemarin.

KBD adalah unit persemaian sederhana yang dibangun di Desa melalui fasilitasi UPT Ditjen PDASHL, Kementerian LHK.

Program KBD ini dimulai sejak tahun 2019. Untuk wilayah kerja BPDASHL Indragiri Rokan yang meliputi Provinsi Riau dan Sumatera Barat telah dibangun sebanyak 37 unit KBD pada tahun 2020 dengan jumlah bibit sebanyak 1.480.000 batang

Penyerahan ini sebagai bentuk apresiasi kinerja dan kreatifitas kelompok masyarakat di Desa Muktisari, terkhusus Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya atau KTH SEBAR dalam pelaksanaan pembangunan KBD dan juga berbagai aktifitasnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

"KBD Diharapkan dapat berkembang menjadi unit pembibitan mandiri yang mampu mensuplai kebutuhan bibit bagi masyarakat maupun mendukung program Rehabilitasi Hutan dan Lahan sebagaimana pesan Bapak Presiden, pembangunan harus sejalan dengan pemulihan lingkungan yang dilakukan oleh kelompok tani," ujar Siti.

Siti Nurbaya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah, TNI, Polri, KTH, LSM, PKSM, Para Rimbawan Rimbawati serta seluruh lapisan masyarakat atas komitmen dan kerjasama yang baik dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi diserahkan juga bantuan berupa truk pengangkut sampah sebanyak 4 unit dan motor pengangkut sampah sebanyak 25 unit yang akan didistribusikan kepada Pemkab Kampar, Pemkab Indragiri Hulu, Pemkab Kuantan Singingi, Polda Riau, Korem 031 Wira Bima, Banser NU Riau dan DAOPS Manggala Agni, serta bantuan Pengembangan Perhutanan Sosial Nasional (Bang Pesona) kepada 12 kelompok masyarakat. 

Bantuan ini akan difungsikan sebagaimana tujuannya untuk menjaga lingkungan mulai dari mengangkut bibit hingga mengangkut sampah. []

 

 





Loading...