Friday, 26 Apr 2024

Air Terjun Siluman Dikenal Karena Airnya Kadang Ada Kadang Tidak

news24xx


Air terjun Siluman. Dok InstagramAir terjun Siluman. Dok Instagram
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Di Kabupaten Langkat, ada objek wisata air terjun yang memukau. Objek wisata ini ditemukan pada tahun 2012 dan baru dibuka untuk wisatawan pada tahun 2013. Akan tetapi belum banyak pengunjung yang datang ke daerah ini. 

Air terjun ini dinamai air terjun Siluman. Nama air terjun ini memang terdengar seram. Tapi bukan karena cerita mistis yang beredar di sana. Alasan air terjun ini dinamakan Air Terjun Siluman adalah karena letaknya berada di antara tebing batu tinggi yang menimbulkan kesan angker dan menyeramkan. Selain itu, air yang jatuh dari atas tebing datangnya tidak menentu. Kadang air terjunnya sangat deras, namun tidak jarang pula berkurang debitnya bahkan menghilang mirip siluman.

Air Terjun Siluman berada di Desa Garunggung, Kecamatan Sei Binge, Kabupaten Langkat. Kurang lebih berjarak sekitar 20 km dari Kota Binjai. Sebenarnya objek wisata alam ini telah lama dibuka, namun destinasi ini jarang dikunjungi dan baru-baru mulai muncul kembali.

Dari Kota Binjai menuju air terjun ini setidaknya memerlukan waktu 30 menit menuju Desa Garunggang. Setelah sampai di desa ini, biasanya kita akan dihampiri oleh warga setempat yang menawarkan jasa penunjuk jalan ke lokasi air terjun. Biaya per orang dikenakan Rp 30.000.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kita harus trekking dari Desa Garunggung sepanjang 4 km. Kemudian lanjut lagi ke jalan curam dan treking dekat jurang. Kondisi tanah berlumpur sepanjang 6 km juga jadi pertimbangan para wisatawan untuk datang ke sini. 

Sesampainya di lokasi Air Terjun Siluman, kita akan disambut dengan suara gemuruh air yang berjatuhan dari ketinggan serta percikan air yang membasahi tubuh. Airnya sangat dingin dan segar, warnanya hijau toska dengan dikelilingi pemandangan rimbun nan indah.

Wisatawan yang mau ke sini disarankan untuk datang pagi hari. Karena saat itu kolam sebening kaca akan sangat jernih. Kalau tidak ada arus air terjun, wisatawan bisa puas berenang dan foto-foto.

Jika beruntung, wisatawan bisa menikmati keindahan Air terjun Siluman lebih dalam. Apalagi mengingat perjalan ke tempat ini membutuhkan usaha. Namun semua usahamu menikmati alam akan terbayar dengan suguhan dari air terjun ini. 

Disarankan untuk membawa perbekalan karena tak ada warung atau fasilitas apa pun di sini. Dan jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan.





Loading...