Thursday, 22 Oct 2020

Pemerintah Minta Perusahaan Harus Rutin Lakukan Tes Swab Karyawan

news24xx


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku AdisasmitoJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

NEWS24.CO.ID, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta perusahaan dapat menanggung biaya swab test Corona kepada karyawannya. Dia juga mengimbau setiap perusahaan rutin mengadakan tes Covid-19.

Hal ini dilakukan mengingat cukup tingginya pasien terkonfimasi yang berasal dari klaster perkantoran. Wiku menyebut klaster perkantoran menyumbangkan 3.194 pasien corona.

"Kami mohon agar seluruh perkantoran dapat betul-betul menanggung biaya testing untuk karyawannya," ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden yang dipublikasikan.

Selain itu, Wiku juga meminta agar perusahaan melakukan penelusuran kontak apabila ditemukan kasus positif Corona di kantor atau instansi. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus tersebut semakin meluas.

"Melakukan penelusuran kontak apabila ada terjadi kasus positif serta melaporkannya kepada pemerintah daerah masing-masing," katanya.

Dia memastikan bahwa pemerintah akan menanggung seluruh biaya perawatan pasien Covid-19. Untuk itu, perusahaan tidak perlu khawatir melaporkan apabila ada karyawannya yang dinyatakan positif Corona.

"Bahkan bagi yang tidak memiliki BPJS atau WNA yang tertular Covid-19 di Indonesia juga ditanggung," sebut Wiku.

Dia menyebut bahwa swab test rutin dan pelacakan sudah dilakukan di kantor-kantor kementerian dan instansi lainnya. Wiku berharap perusahaan swasta dan pabrik dapat melakukan hal yang sama. **





Loading...