Wednesday, 05 Oct 2022

Resmikan Salate, Kakanwil Riau: Masuk Lapas Bagan Seperti Masuk Bank atau Bandara

news24xx


Foto: istimewaFoto: istimewa
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Ibnu Chuldun bersama Bupati Rokan Hilir, Suyatno resmi membuka Pusat Pelayanan Terpadu (Salate) Lembaga Kelas IIA Bagansiapiapi. Peresmian ini dilakukan secara simbolis dengan pengguntingan pita di pintu masuk.

Salate, merupakan salah satu layanan inovasi yang diberikan oleh Lapas Bagansiapiapi kepada publik yang memiliki segala kepentingan dan urusan terkait dengan Lapas. Mulai dari kunjungan, baik yang bersifat reguler maupun bagi kunjungan prioritas, juga terkait masalah pengaduan dan informasi. 

"Semua itu bisa langsung diakses masyarakat tanpa harus melewati banyak pintu. Cukup satu mencakup semuanya," kata Kepala Lapas Bagansiapiapi, Wachid Wibowo.


Read More : Bangun Sinergitas, Lapas Bagansiapiapi Gelar Media Briefing

Salate juga telah menerapkan sistem antrian elektronik, dengan menggunakan mesin anjungan yang dalam hal ini bekerja sama dengan Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Dumai. Dengan begitu, sistem antrian menjadi lebih rapi, teratur dan terlayani sesuai dengan bilik kepentingan masing-masing.

Hal ini cukup membanggakan, pasalnya, hingga kini tak banyak instansi pemerintahan yang memiliki anjungan mesin antrian laiknya di instansi perbankan. Atas hal ini, Ibnu mengapresiasi kesiapan Lapas Bagansiapiapi. 

"Ini seperti di Bank atau Bandara. Tidak seperti masuk di Lapas atau Rutan," ucapnya saat memberi sambutan.

Fasilitas lain, Salate juga menyediakan ruang laktasi bagi ibu menyusui, play ground anak bagi pengunjung yang memiliki balita serta anak sebagai cerminan birokrasi ramah anak dan ibu menyusui serta LABAA Mart, pusat perbelanjaan yang dikelola oleh koperasi Lapas Bagansiapiapi.

"Segala standar pelayanan publik kami siapkan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kita juga telah memasang spanduk peraga di banyak titik yang berisi segala prosedur dan alur pelayanan agar bisa memberi kepastian hukum kepada masyarakat," beber mantan Kalapas Jombang ini.



Read More : Produksi Masker, Warga Binaan Lapas Bagansiapiapi Berkarya Di Tengah Pandemi

Terakhir, Wachid berharap bahwa peningkatan pelayanan ini bisa sejalan dengan naiknya tingkat kepercayaan publik kepada Lapas maupun Rutan. Karena baginya, birokrasi yang baik harus mampu mendapat kepercayaan publik yang tinggi.

Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Riau, Maulidi Hilal yang mendampingi Ibnu; Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Rokan Hilir, Rocky; Kepala Kejari Rokan Hilir, Gaos Wicaksono; serta perwakilan dari Polres Rohil dan Kodim 0321/ Rokan Hilir.





Loading...