Wednesday, 18 May 2022

SAH, Bupati Rohil Serahkan Surat Hibah Lahan Lapas Bagansiapiapi yang Baru

news24xx


Foto: istimewaFoto: istimewa
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Bupati Rokan Hilir, Suyatno akhirnya menyerahkan Surat hibah tanah bakal Lapas baru kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Ibnu Chuldun di Lapas Bagansiapiapi. 

Tanah hibah seluas 14,2 hektare ini rencananya akan dibangun Gedung Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bagansiapiapi yang baru. Pasalnya, gedung yang kini ditempati tak lagi mampu menampung tahanan dan narapidana yang over kapasitas hingga 700 persen lebih.

Oleh karena itu, Suyatno memberikan lahan inventaris daerah Rohil yang sebelumnya hanya diajukan Lapas Bagansiapiapi seluas 10 hektare, akhirnya malah diberikan seluas 14,2 hektare olehnya.

"Kita berharap dengan lahan yang kita lebihkan ini mampu dikelola dengan menyiapkan lahan-lahan pertanian, perkebunan dan perikanan, agar WBP yang juga masyarakat kita ini bisa terus mengasah keterampilannya sebelum keluar dari Lapas," ungkap Suyatno di Lapas Bagansiapiapi.


Read More : Bangun Sinergitas, Lapas Bagansiapiapi Gelar Media Briefing

Tak hanya itu, ia juga berharap Kemenkumham pusat bisa sekaligus membangun beberapa lapangan olahraga sebagai kegiatan jasmani untuk narapidana dan tahanan, serta asrama atau perumahan pegawai agar kantor dan rumah pegawai memudahkan akses pekerjaan mereka.

Untuk mendukung penuh relokasi bangunan Lapas Bagansiapiapi, Suyatno bahkan telah menganggarkan sebesar Rp1,4 miliar untuk pembangunan akses jalan masuk ke lahan Lapas agar pembangunan mampu digesa oleh Kementerian pusat.

Mengetahui upaya proaktif sang bupati, Kakanwil Ibnu bangga dan mengapresiasi besar. Ibnu tak menyangka bahwa proses relokasi Lapas ternyata berjalan lebih cepat dan lancar berkat Pemda Rokan Hilir yang banyak membantu.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Bupati karena telah sangat berbaik hati. Ini membuat tugas dari Pak Menteri kepada saya berjalan tanpa hambatan," ucap Ibnu di kesempatan yang sama.



Read More : Produksi Masker, Warga Binaan Lapas Bagansiapiapi Berkarya Di Tengah Pandemi

Selain kepada Suyatno, ungkapan terima kasih juga diberikan Kepala Lapas Bagansiapiapi, Wachid Wibowo kepada Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rokan Hilir, Rocky yang proses teknis hibah ini banyak dibantu olehnya. 

"Sejak awal, Pak Rocky telah banyak membantu hingga prosesnya menjadi jauh lebih cepat," kata Wachid.

Usai memegang hak kepemilikan lahan, Ibnu kepada media mengatakan pembangunan akan mulai dipercepat. "Jika tak ada halangan, tahun depan sudah mulai dibangun," cakapnya sambil meninggalkan Lapas Bagansiapiapi.





Loading...